souvenir tasbih murahPada umunya tasbih digunakan untuk sarana berdzikir umat muslim di seluruh dunia. Karena masyarakat Indonesia mayoritas muslim, maka kita sering menjumpai souvenir tasbih digunakan sebagai souvenir pada acara pengajian dimasyarakat sekitar kita.

Dari segi bentuk, tasbih memang unik. Tasbih terdiri dari untaian butiran manik manik dan biasanya terdiri dari 33 atau 99butir, dan di ujungnya biasanya memiliki hiasan rumbai rumbai benang. Banyak sekali media yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan tasbih. Ada yang memakai bahan baku kayu, keramik, atau mutiara sintetis. Pada umumnya kayu yang digunakan untuk membuat souvenir tasbih adalah kayu dewandaru dan kayu cendana karena kedua jenis kayu tersebut memiliki aroma yang wangi, namun karena bahan sulit didapat maka banyak pengrajin menggunakan bahan kayu yang terbilang murah dan mudah didapat.

Meskipun butiran manik manik kecil, namun banyak sekali motif butiran tasbih yang  beredar dipasaran saatini. Mungkin ini dikarenakan sakralnya tasbih itu sendiri serta daya kreatifitas pengrajin Indonesia yang sangat luar biasa dalam memproduksi tasbih. Warna butiran tasbih yang beraneka ragam sangat menarik dipandang mata dan menggugah gairah untuk memiliki sebagai alat beribadah atau hanya sekedar cendramata. Belom lagi gerakan rumbai rumbai benang yang seolah melambai lambai bila tertiup angin.

Souvenir Tasbih memang selalu menjadi pilihan utama souvenir pada acara pengajian di masyarakat sekitar kita selain kipas dan buku yasin.

Tags:
About Author: Artikel Makalah