besek bambu anyaman buluh
Pengrajin besek sekarang ini memang tidak banyak lagi. Beberapa dari anda mungkin belum tahu apa yang dimaksud dengan besek. Besek ini adalah kerajinan anyaman bambu. Biasanya bentuknya kotak dan besek ini digunakan untuk menyimpan makanan atau kotak makanan pada acara-acara di sebuah desa. Besek saat ini seperti naik kelas. Besek banyak digunakan untuk beberapa acara bahkan banyak yang mulai menggunakan besek ini sebagai sebuah souvenir pernikahan. Besek atau anyaman bambu ini tentu saja tidak hanya dibuat sebagai souvenir begitu saja. Biasanya akan dibuat dengan berbagai warna dan diberi berbagai aksesori.

Pelopor Besek

Walaupun saat ini jumlah pengrajin besek bambu ini cenderung menurun dari waktu ke waktu namun anda masih bisa menemukan beberapa yang bertahan. Salah satunya adalah Painah. Dia adalah seorang pelopor besek dari satu daerah di lampung. Saat ini dia membuat besek karena memang hanya membuat beseklah keahliannya. Dia membuat besek sebagai tempat makanan berbagai ukuran. Walaupun saat ini mulai sulit mendapatkan bahan baku bambu, namun dia selalu mencoba mencari bambu dan membuatnya menjadi sebuah besek bambu yang cantik. Memang usahanya ini masih terbilang kecil-kecilan, Dia hanya menjual besek bambu ini ke beberapa orang dalam wilayah lokal.

Saingan Besek Bambu

Memang tidak mengherankan jika jumlah pengrajin besek bambu menjadi berkurang drastis. Hal ini banyak disebabkan banyaknya besek bambu yang mulai digantikan dengan wadah plastik. Plastik dipilih karena lebih praktis dan tentu saja harganya yang sangat murah. Namun banyaknya produk plastik tidak membuat pengrajin yang satu ini menjadi menyerah. Dia tetap yakin bahwa besek bambunya ini masih mempunyai penggemar tersendiri. Besek bambu kini juga sudah semakin mendunia. Banyak besek bambu yang dijual ke luar negeri. Besek bambu yang dijual ke luar negeri tentu saja yang berkualitas baik dan yang menarik. Painah sendiri sekarang juga mulai menularkan keahlian membuat besek kepada beberapa orang.  Dia juga mengajarkan pembuatan besek bambu ini kepada anak-anaknya agar bisa melestarikan seni anyaman bambu ini sendiri. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan jumlah pengrajin besek di Indonesia.

About Author: Artikel Makalah