Home    

Komputer, Pengertian Komputer, Definisi Komputer

Pengertian Komputer adalah rangkaian alat elektronik yang dapat digunakan untuk menerima data (input), mengolah data (process), dan mengirim data (output). Sekarang ini memiliki komputer merupakan kebutuhan penting yang harusdipenuhi karena dengan komputer pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien.

Bagian-bagian komputer

Secara umum komputer terdiri dari tiga perangkat utama, yaitu:

 

» Hardware adalah perangkat keras dari komputer yang dapat dilihat dan dirasakan. Hardware terdiri dari:

CPU (Central Processing Unit): perangkat komputer yang di dalamnya terdapat beberapa komponen seperti motherboard, processor, RAM, VGA card, sound card, dan Iain-lain.

Input / Output Device (10 Device): perangkat masukan dan keluaran seperti keyboard, printer, atau scanner.

Storage Device: perangkat penyimpanan seperti hard disk, flash disk, atau floppy disk.

Casing: tempat semua komponen komputer diletakkan baik itu motherboard, processor, RAM, VGA card, sound card, power supply, dan sebagainya.

Monitor: perangkat untuk melihat tampilan layar komputer.

 

» Software adalah perangkat lunakyang berupa program-program komputer. Software terdiri dari:

Sistem Operasi: software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer. Contoh sistem operasi yaitu DOS, Linux, atau Windows.

Program Utility: software yang berfungsi untuk membantu kinerja dari sistem komputer. Contoh program utility yaitu PCTool atau Norton Utility.

Program Aplikasi: software yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Contoh program aplikasi yaitu Microsoft Office yang khusus digunakan untuk melakukan pekerjaan kantor seperti Word, Excel, atau PowerPoint.

Bahasa Program: software yang digunakan untuk membuat program komputer. Contoh bahasa program yaitu PHP atau Visual Basic.

 

» Brainware adalah pengguna komputer itu sendiri.

Sebuah komputer merupakan gabungan dari beberapa komponen dimana antara komponen yang satu dengan yang lain saling berhubungan, sehingga jika salah satu komponen rusak atau tidak berfungsi, maka komputer tidak akan bekerja secara maksimal.

 

Komponen-komponen komputer

Komponen komputer bisa dikategorikan menjadi dua macam yaitu:

» Komponen Utama: komponen-komponen standar yang harus ada di dalam komputer agar komputer bisa berjalan. Yang termasuk dalam komponen utama antara lain:

Motherboard Processor Memory Hard Disk

•VGA Card Sound Card Optical Drive Power Supply Casing Monitor Speaker Keyboard Mouse

» Komponen Tambahan: komponen-komponen yang sifatnya sebagai pelengkap atau untuk menambahkan fungsi dari komputer. Yang termasuk dalam komponen tambahan antara lain:

Modem

Printer

Scanner

Stabilizer

Demikian tadi penjelasan secara umum mengenai pengertian komputer.


Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: bagian-bagian komputer, bahasa program, brainware, casing, CPU, hardware, input output device (10 device), komponen tambahan, komponen utama, komponen-komponen komputer, monitor, pengertian komputer, program aplikasi, program utility, sistem operasi, software, storage device