Home    

Arti Definisi

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan semacam pertanyaan di internet mengenai apa arti definisi. Bagi sebagian orang, kata definisi mungkin tidak asing karena sudah sering di dengar. Bagi pelajar, mungkin sering mendengar kata definisi ketika memulai sebuah pelajaran di tahun ajaran pertama. Misalnya ketika belajar ekonomi, pertama-tama yang di sodorkan kepada kita adalah definisi ekonomi. Nah dari sini mungkin sebagian orang bertanya-tanya. Apa sih sebenarnya arti definisi itu?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita merujuk pada salah satu acuan standar dalam bahasa Indonesia. Benar, KBBI. Atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dalam KBBI disebutkan bahwa definisi adalah kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.
Disebutkan juga dalam KBBI, definisi adalah rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi.
Bahkan KBBI juga memberikan penjelasan mengenai definisi jika dibubuhi dengan awalan atau akhiran. Misalnya kata mendefinisikan diartikan sebagai “memberikan definisi”. Dan kata pendefinisian diartikan sebagai “proses, cara, perbuatan memberikan definisi”.
Sampai di sini kita mungkin sudah paham dengan apa arti definisi itu. Namun mungkin kita perlu menelusuri arti kata definisi ini dalam bahasa aselinya. Karena menurut saya, kata definisi ini merupakan serapan dari bahasa Inggris: definition.
Untuk memperjelasnya, kita akan membuka salah satu kamus populer dalam bahasa Inggris. Yakni Oxford Advanced Learner’s Dictionary atau kamus Oxford. Di dalam kamus Oxford di sebutkan bahwa arti definisi (atau di situ tertulis definition) :

Statement giving the exact meaning of a word or phrase: definition should not be more difficult to understand than the words they define

Atau jika diterjemahkan secara kasar (dengan bahasa inggris saya yang pas-pasan) arti definisi menurut kamus Oxford adalah “Pernyataan yang memberikan arti yang tepat mengenai kata atau frasa : definisi sebaiknya tidak lebih sulit dipahami daripada kata yang didefinisikan”
Demikian info mengenai arti definisi yang dapat saya bagikan. Mudah-mudahan dapat membantu anda. Jika artikel arti definisi diatas berguna bagi anda, mohon klik tombol like/suka/share :)

arti definisi (144),definisi adalah (64),arti kata definisi (29),pengertian kumpulan (24),arti dari definisi (22),definisi artinya (22),kumpulan arti kata bahasa indonesia (17),definisi dalam bahasa indonesia (16),arti defenisi (13),definisi kumpulan (13),pengertian definisi dalam bahasa indonesia (12),pengertian define (12),Apa Arti Definisi (12),Arti mendefinisikan (12),arti devinisi (11)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: arti, definisi, kamus, KBBI, oxford, pengertian