Home    

Reumatik

Pengobatan Alamiah Radang/Nyeri Sendi-Tulang (Reumatik)
PENYAKIT YANG MENYIKSA

Reumatik adalah suatu gangguan yang menyiksa dan sering membuat putus asa para penderitanya, karena gejala-gejala dan keluhan yang paling dirasakan adalah NYERI. Sebenarnya “reumatik” adalah istilah umum dan memiliki jenis sangat banyak sekali. Jenis-jenis reumatik ini tentu hanya bisa didiagnosis oleh ahli reumatologi yang jumlahnya di Indonesia sangat sedikit sekali.

Perwujudan klinis dari reumatik-pun bisa sangat bervariasi. Pada sebagian penderita keluhan mungkin hanya kekakuan pada sendi-sendi jari tangan, sehingga mengganggu pekerjaan manual seperti mengetik, main piano, memetik gitar. Yang berat dan merupakan kasus terbanyak ditandai dengan pembengkakan, kemerahan dan nyeri sendi. Reumatik bersifat menahun. Serangan akut bisa terjadi berkali-kali dalam setahun. Sebelum serangan pasien mungkin mengeluh gejala-gejala lekas capai, tak nafsu makan, demam dan rasa pegal di seluruh tubuh.

Bagi dokter, yang menjadi masa-lah mungkin bagaimana cara mendiagnosis jenis reumatik tersebut dengan tepat, agar bisa memberikan pengobatan yang tepat dan mencegah komplikasi penyakit.

Yang menjadi masalah bagi pasien sebetulnya bukan jenis reuma-tiknya, tetapi SIKSAAN atau PENDERITAAN yang ditimbulkan karena nyeri, bengkak dan kekakuan sendi yang datang berulang-ulang dan biasanya SEUMUR HIDUP Selain itu, cacat atau perubahan bentuk sendi mungkin membuat pasien tidak leluasa bergerak dalam pekerjaan maupun dalam pergaulan.

Bagaimana Cara Menghadapi Reumatik

Di pasar beredar banyak sekali obat penekan rasa sakit dan antira-dang, yang oleh dokter disebut obat NSAID. NSAID adalah singkatan dari non-steroid anti-inflammatory drug (obat antiradang non-steroid).
Yang pentirg diingat oleh penderita adalah, obat-obat NSAID semuanya memiliki etek samping. terhadap lambung, mulai dari iritasi ringan sam-pai tukak dengan perdarahan atau perforasi (tembusnya dinding lambung). Jadi penggunaannya hanya pada serangan akut dengan nyeri hebat sekali, selama satu atau dua hari. Sayangnya, Perjalanan reumatik adalah menahun dan serangan akut sering berlangsung tidak dalam satu atau dua hari, melainkan berhari-hari sehingga pasien harus minum obat satu atau.bahkan berminggu-minggu. Ini merupakan buah simalakama. “Membuat sendi tertawa, lambung menjadi menangis.”


Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: bengkak, Indonesia, mengganggu, NSAID, NYERI, PENDERITAAN, rasa, rematik, Reumatik, rheumatik, SIKSAAN, tertawa