Home    

Mengubah dokumen Word jadi PDF

Asal tahu saja, sejak diresmikan oleh Adobe pada tahun 1993 lalu,format dokumen inilah yang paling umum digunakan. Khususnya jika pengguna membutuhkan dokumen tersebut untuk dibawa ke mana-mana atau dikirimkan lewat e-mail, misalnya. Wajar saja, namanya saja Portable Document Format (PDF).

Format dokumen ini lekas disukai oleh berbagai pihak karena file yang disimpan dalam format PDF tidak lagi membutuhkan aplikasi pembuatnya untuk dapat dibuka. Cukup dengan aplikasi gratis pembuka file PDF, dokumen dapat dilihat tanpa ada perubahan dari sisi lay-out dokumen yang bersangkutan.

PDF juga digemari karena (dulunya) format ini bebas virus.Tidak seperti file dokumen *.doc, * xls, dan lain-lain yang sudah sekian lama sering diinjeksikan virus oleh para penjahat yang menyamarkan virusnya sebagai sebuah dokumen Microsoft Office biasa.

Sayangnya, dari sananya, aplikasi kerja Microsoft Office tidak menyediakan fasilitas untuk menyimpan dokumen buatannya ke dalam format PDF.Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir.Ada beberapa alternatif untuk membuat dokumen dengan format tersebut.

Memakai Adobe Acrobat

Aplikasi ini merupakan Software yang lebih dari cukup untuk membuat dokumen berformat PDF Pasalnya, selain membuat, ia juga bisa mengedit, memotong, sampai mengoptimalisasikan dokumen PDF. Sayangnya, beda dengan Acrobat Reader atau Adobe Reader, Adobe Acrobat bukanlah aplikasi gratis.

Yang menarik, kalau kamu sudah menginstalasikan Adobe Acrobat secara tuntas, maka secara otomatis kamu juga membeli printer baru. Kok bisa? Pasalnya, saat bekerja dengan aplikasi kerja apapun, misalnya Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint, kamu bisa memilih untuk mencetak (Print) menggunakan printer yang namanya Adobe PDF.

Menggunakan Add-in

Seperti sudah disebutkan di atas, Microsoft memang secara default tidak menyediakan opsi untuk menyimpan file dokumen ke dalam format PDF.Akan tetapi, ada beberapa karyawan Bill Gates yang sudah membuatkan aplikasi tambahan (add-in), khususnya bagi kamu-kamu yang memakai Microsoft Office 2007. Coba kamu kunjungi http://bit.ly/PCPLSPDF.

Di sana, kamu bisa mengunduh add-in yang namanya SaveAsPDF.exe. Plugin yang dibuat tahun 2006 ini mendukung sistem operasi Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows XP (minimal Service Pack 2). Saat PCplus melakukan uji coba, ia bisa berjalan juga di Windows 7.

Add-in ini ditujukan agar program Microsoft Office Access 2007, Excel, InfoPath, OneNote, PowerPoint, Publisher, Visio, dan Microsoft Word 2007 bisa menyimpan dokumen buatannya ke dalam format PDF. Jangan khawatir, ukurannya ringkas saja, hanya 915KB. Kalau kamu pakai koneksi dial-up 56Kbps, cuma perlu waktu 3 menit untuk mengunduhnya. Untuk menggunakannya, caranya juga sederhana.

1  Selesai instalasi, buat atau buka dokumen yang ingin dikonversi.

2. Selesai membuat atau mengedit dokumen, simpan.

3. Gunakan opsi SaveAs, lalu pilih PDF.

Memanfaatkan Marketplace

Di internet, banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kamu menyimpan dokumen Microsoft Office ke dalam format PDF.Tapi, daripada pusing-pusing mencari mana yang paling cocok untuk Office, pilih saja aplikasi pihak ketiga yang memang sudah direkomendasikan oleh Microsoft.

Sebagai informasi, di situsnya, Microsoft juga punya Marketplace. Di sini kamu bisa memilih-milih aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.Asyiknya, berhubung aplikasi ini dijual lewat “toko” milik Microsoft, dapat dipastikan aplikasi tersebut sudah sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Microsoft, alias kompatibel.

Di http://office.microsoft.com/en-us/marketplace/CEO 10170396.aspx, misalnya. Kamu akan menjumpai berbagai aplikasi buatan perusahaan lain yang dapat membantu kamu menyimpan atau mengonversi dokumen Microsoft menjadi PDF. Pilih saja yang lebih cocok buat kamu. Memang sih, umumnya aplikasi ini tidak gratis.Tapi kamu bisa coba-coba dulu (trial) sebelum membelinya.


Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: Adobe Acrobat, Bill Gates, CEO, Excel, gratis, Microsoft Office, Microsoft Word, PDF, printer, virus