Home    

Bisnis Rental Mobil

PERMINTAAN NAIK 120% SAAT LIBUR
Rental Mobil Kurang Armada

YOGYA (KR) – Permintaan sewa mobil di Yogyakarta melonjak tiap akhir pekan dan hari libur. Lonjakan permintaan itu 20% lebih tinggi dari total armada yang ada, sehingga belum mampu dipenuhi para pengusaha persewaan mobil di Kota Gudeg.

Hal itu diungkapkan pan pengurus Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraar Yogyakarta (APPKY) periode 2012-2015, terdiri Nanang Trisvidyatmoko, Didik Supriadi, Didik Dwiantoro dan Aan Sattvikantara, saat silaturahmi dengan Dirut PT BP KR dr Gun Nugroho Samawi, Kamis (10/5).
h’anang mengatakan, APPKY beranggotakan 155 pengusaha, dengan jumlah total kendaraan sekitar 3.000 unit. Pada hari biasa, kendaraan yang terpakai sekitar 50-60%. Namun tiap Jumat-Sabtu-Minggu permintaan naik luar biasa hingga para pengusaha selalu kehabisan kendaraan. “Menjelang hari libur, kendaraan habis

dipesan terutama oleh konsumen dari luar kota. Meski sering terjadi saling pinjam diantara pengusaha, tetap saja tidak mampu menutup kebutuhan konsumen,” kata Nanang.
Untvik menutup kekosongan tersebut, lanjut Didik Supriadi, pengusaha menambah armada dengan memakai mobil-mobil rumah yang sebenarnya tidak disewakan. Permintaan sewa mobil di Yogyakarta paling banyak saat liburan sekolah, Lebaran hingga akhir tahun. Didik mengaku pihaknya tidak menaikkan harga sewa saat libur, kecuali saat libur Lebaran yang menggunakan sistem paket. “Naiknya harga saat Lebaran itu untuk

menutup masa sepi selama dua minggu pertama Ramadan. APPKY dibentuk salah satunya untuk mengatur standardisasi harga, sehingga para pengusaha bisa bersaing secara sehat,” jelasnya. Menurut Didik, kendaraan disewakan dengan hitungan per 12 jam dan 24 jam, bisa dengan atau tanpa sopir.

“Dari sisi keuntungan sebetulnya sama saja jika mobil disewa dengan atau tanpa sopir. Namun pengusaha ten
tu lebih nyaman jika memakai sopir profesional,” katanya. Ditambahkan, mobil yang paling laris disewa konsumen adalah Avanza dengan tarif Rp 250.000 untuk 12 jam dengan sopir.


Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: APPKY, hal, Jumat Sabtu Minggu, Kota Gudeg, Menurut Didik, mobil rental, paket, rental mobil, tarif rental mobil