Home    

Batu Ginjal

Jik terjadi di ginjal disebut batu ginjal (nefrolitiasis), jika terjadi di ureter/saluran antara ginjal-kandung kencing, disebut batu ureter(ureerolitiasis), jika terjadi di kandung kemih disebut batu vesika(vesicolithiasis), jika terjadi di uretra /saluran pembuangan akhir urin (urethrolithiasis). Pada prinsipnya batu pada saluran kemih dapat terbentuk di mana saja, di sepanjang saluran kemih. Pembentukan batu ginjal disebabkan oleh proses yang kompleks yang dimulai dengan saturasi /kejenuhan kadar suatu zat, pembentukan Kristal, pengendapan Kristal hingga Kristal mineral menjadi batu. Batu yang terbentuk pada ginjal seringkali terdiri atas kalsium. Karena itu beberapa jenis batu ginjal berkaitan dengan batu kalsium oksalat, batu kalsium fosfat, batu kalsium oksalat, dan fosfat serta batu asam urat.

Penyebab Batu Ginjal

Batu yang ada di dalam ginjal tidak muncul begitu saja, tapi merupakan kondisi yang terjadi dalam jangka waktu lama tanpa ada tindakan pencegahan yang berarti.

Meski risiko Anda untuk menderita batu ginjal lebih kecil. Pria memiliki kecenderungan 3 kali lebih sering untuk menderita batu ginjal. Hal ini dilatarbelakangi  saluran  kemih  pria relative lebih panjang daripada wanita.

Usia  30-50 tahun adalah usia yang sangat mungkin mengalami batu ginjal. Pola makan dan aktivitas yang buruk akan terakumulsi dan mungkin akan muncul pada usia ini atau bahkan lebih. Perbaiki gaya hidup/pola makan Anda sebelum terlambat.

Risiko penderita batu ginjal bisa meningkat hingga 2 kali lipat pada orang yang di dalam keluarganya ada yang mengalami penyakit ini. Tapi bukan berarti Anda bebas hidup seenaknya. Karena tidak menutup kemungkinan jika Anda adalah korban batu ginjal pertama  di keluarga Anda jika pola makan Anda buruk.


Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: Batu Ginjal, ginjal, Penyebab Batu Ginjal