Home    

Sudut baca yang baik

Mari Menata Sudut Baca Yang Nyaman | Banyak orang di dunia ini yang memiliki hobi membaca, namun sayangnya tak banyak dari mereka yang bisa memaksimalkan ruang baca yang miliknya, sehingga “kenikmatan” membaca yang diinginkan tidak bisa mereka dapatkan.

Sebenarnya tak terlalu sulit untuk mewujudkan ruang baca idaman karena tanpa disadari, kehadiran area membaca di rumah tentu menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Jika memang tidak memungkinkan membuat area perpustakaan yang lebih terasa privasinya, manfaatkan saja salah satu sudut ruang di rumah. Sudut ruangan pun akan terlihat lebih cantik jika ditata dengan tepat.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan sudut yang akan dijadikan ruang baca. Membuat sudut untuk area membaca bisa diletakkan menjadi satu bagian dengan ruang keluarga atau di dalam kamar tidur. Yang perlu dipastikan adalah sudut ruangan tersebut tidak terlalu sempit untuk dijadikan ruang baca yang nyaman dan menyenangkan.

Selanjutnya, pastikan pula sudut ruang yang dipilih memiliki pencahayaan yang cukup terang. Akan lebih baik lagi jika sudut baca ini tepat bersebelahan dengan jendela agar mendapat cahaya yang baik saat membaca di kala siang hari tanpa menggunakan bantuan cahaya lampu. Kendati demikian, posisi kursi harus diatur dengan tepat agar arah datangnya sinar tidak memantul di atas lembaran kertas yang dapat menyilaukan mata.

Jika pemilihan sudut ruang telah tepat, langkah selanjutnya adalah pemilihan perabotan yang akan ada di sudut tersebut’. Jika sudut baca minim, batasilah dengan hanya menghadirkan kursi, rak buku kecil, dan lampu baca. Sesuaikan desain perabot tersebut dengan gaya desain rumah secara keseluruhan demi harmonisasi desain. Tak ada salahnya menggunakan kursi yang empuk dan telah dilengkapi sandaran kaki agar tubuh tidak mudah lelah saat membaca.

Jika sudut membaca cukup besar, bisa juga menggunakan sofa 2 seater yang memiliki sandaran punggung atau tangan reclining, sehingga bisa diubah bentuk sesuai kebutuhan.

Jangan lupakan pula hal penting lainnya, yaitu aksen warna yang cantik dan bisa juga membuatnya terlihat lebih menonjol dibandingkan elemen desain lainnya, sehingga menjadi point of interest di dalam ruangan. Selamat menata ruang duduk.


Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: buku, hobi, jendela, kaki, kertas, lampu, mata, perpustakaan, rumah, tangan