Home    

Strategi Kepemimpinan Jokowi

Judul : Jokowi: Pimpinan yang Rendah Hati Penulis. Dwi Suwiknyo Penerbit :ArusTimur, Makassar Cetakan 2012 Tebal : xiii + 105 Halaman

SIAPA Walikota yang paling popular di Indonesia saat ini? Jawabannya adalah Joko Widodo. Bukan karena tersangkut kasus korupsi yang membuat Jokowi dikenal masyarakat, melainkan karena dia mampu mendongkrak prestasi Kota Solo. Di bawah kepemimpinannya, Solo mengalami perubahan yang sangat pesat. Dengan menerapkan branding “Solo: The Spirit of Java”, Jokowi mampu membawa Kota Solo berprestasi.

Insinyur yang sebelumnya berprofesi sebagai pedagang mebel ini awainya banyak yang meragukan kepemimpinannya. Namun setahun setelah dia mem-ffirtipin, banyak gebrakan progresif yang dilakukannya. Jokowi banyak rrt&ngambil contoh pengembangan kota-kota di Eropa yang sering ia kunjungi dalam rangka perjalanan bisnisnya sebagai pengusaha mebel.

Ayah dari tiga orang anak ini mengakui sulitnya mempimpin sebuah kota. Jika dibandingkan dengan pengalamannya dalam memimpin sebuah perusahaan, memimpin kota jauh lebih kompleks. Namun, berkat keuletan dan kerja kerasnya, dia mampu membawa perubahan Kota Solo ke arah yang lebih baik. Dan fakta telah berkata, Jokowi mampu mempesona rakyatnya. Tidak main-main, bukan hanya rakyat Solo saja yang benar-benar jatuh cinta pada Jokowi, tatapi rakyat seluruh Indonesia pun jatuh hati padanya.

^ Buku setebal 105 halaman ini mengulas strategi kepemimpinan yang berbasis entrepeneur yang telah diaplikasikan Jokowi dalam empat pilar utama. Keempat pilar tersebut disarikan penulis dari fakta-fakta capaian Jokowi dalam rrjemimpin Kota Solo.

” Melalui keempat pilar itulah, strategi dan taktik jitu berhasil diterapkan Jokowi sehingga Kota Solo benar-benar berhasil menjadi “Spirit of Java”. Dan tidak rrtuhgkin dia juga tidak menerapkan strategi dan taktiknya itu di Jakarta jika terpilih menjadi Gubernur Jakarta yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi. Lalu, apa sajakah empat pilar utama ala Jokowi itu? Dan bagaimana cara Jtikowi mengaplikasikannya? Jawabannya ada di buku yang ditulis oleh Dwi Suwiknyo ini. Q-c
Fajri Andika, Mahasiswa Sosiologi Fakultas llmu Sosial dan Humaniora UI N Sunan Kalijaga Yogyakarta

artikel kepemimpinan jokowi (68),artikel tentang kepemimpinan (38),artikel kepemimpinan (32),makalah kepemimpinan jokowi (18),kepemimpinan ala jokowi (18),artikel tentang kepemimpinan jokowi (18),makalah tentang jokowi (16),contoh artikel kepemimpinan (15),makalah tentang kepemimpinan jokowi (14),makalah jokowi (12),makalah kepemimpinan (12),artikel tentang jokowi (10),strategi kepemimpinan jokowi (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: anak, buku, bulan, Indonesia, Joko Widodo, Jokowi, Kota Solo, Resensi, Solo, strategi