Home    

Sejarah Hamburger

Mengenal Sejarah Hamburger
Siapa yang tak mengenal hamburger di zaman modern ini? Makanan ini memang bukan sajian asli Indonesia. Namun, karena pengaruh budaya Barat, sejumlah restoran hamburger waralaba asing pun mudah dijumpai di sudut-sudut kota besar Indonesia. Sebutlah McDonalds, Burger King, Wendy’s, dan A&W Dengan berbagai varian sajian, cita rasa hamburger pun mudah diterima khalayak.

HAMBURGER sebenarnya merupakan roti berbontuk bundar yang diiris hingga menjadi dua bagian. Untuk isi, bagian tengahnya terdapat olahan daging cincang, selada, tomat, bawang bombay, saus mayones, saus tomat, dan mustard.

Kata “ham” pada hamburger bukan berasal dari daging ham, tetapi dari kota Hamburg di Jerman. Di ‘ kota inilah, konon bagian daging pada hamburger ini berasal. Kemudian makanan ini dibawa oleh para migran ke daratan Amerika. Di Amerika, makanan ini berkembang dan semakin digemari.

Jadi, hamburger bisa diartikan sebagai makanan dari Hamburg. Namun, banyak orang lebih sering menyebutnya1 burger.

Sebelum dikenal di Eropa, daging pada burger berasal dari bangsa Tartar. Bangsa di Asia Tengah yang kerap melakukan perjalanan jauh ini mempunyai kebiasaan meletakkan daging di bawah sadel kuda agar tidak menjadi keras. Setelah disimpan, ternyata daging tersebut masih dalam kondisi baik dan tidak menjadi keras. Daging tersebut kemudian disantap dengan perasan jeruk.

Dari Asia Tengah, sajian daging ini terbawa ke Eropa. Di Eropa, sajian daging ini mengalami perkembangan proses pengolahan, yaitu dengan cara dibakar atau digoreng. Daging ini pun kian digemari banyak orang. Daging ini populer dengan sebutan Hamburger Steak.

Ada banyak versi tentang terciptanya burger di Amerika. Versi pertama, burger diciptakan oleh Frank dan Charles Menches dari Ohio. Kedua orang ini biasa menjajakan sandwich. Namun, suatu saat, mereka kehabisan sosis, mereka menggunakan daging sapi cincang sebagai isi roti. Sajian ini ternyata digemari banyak orang.

Versi kedua, burger berkembang di daerah Wisconsin. Menurut Komunitas Sejarah Seymour, burger diciptakan oleh Charlie Nagreen. Mulanya, ia berjualan sandwich yang diisi bakso. Namun, karena kurang laku, ia memipihkan bakso tersebut dan meletakkannya di antara irisan roti. Ternyata modifikasi makanan ini menarik perhatian banyak orang.

Versi ketiga, seperti yang dicatat Perpustakaan Kongres Amerika Serikat dan Pemerintah Negara Bagian Connecticut, hamburger pertama konon dijual pertama kali pada tahun 1895 oleh Louis Lassen. Makanan ini semula tak bernama. Saat para pelaut dari Hamburg bertandang ke restoran Louis Lassen, makanan tersebut dinamakan hamburger.

Saat ini, sajian burger kian bervariasi dan tidak hanya diisi dengan daging sapi cincang. Isian keju, ikan, bahkan cumi dan lobster pun dijumpai di sejumlah negara. Kini juga mulai populer burger vegetarian untuk menggantikan pemakaian daging pada burger.

Seakan tak mau kalah, Indonesia pun memiliki banyak varian burger lokal. Misalnya Blenger Burger, Edam Burger, dan Klenger Burger. Soal rasa, tentunya lebih “masuk” ke lidah orang Indonesia.

sejarah hamburger (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: Asia Tengah, Burger King, Edam Burger, HAMBURGER, Hamburger Steak, Indonesia, Louis Lassen, makanan, Mengenal Sejarah Hamburger, rasa