Home    

Memilih Strategi Bisnis Perusahaan

Kondisi perekonomian global yang cepat berubah dan kompleks dapat menimbulkan dampak terhadap strategi bisnis sebuah organisasi/perusahaan. Hal ini membuat para pengambil kebijakan organisasi/perusahaan dipaksa selalu melakukan kajian ulang tentang strategi-strategi sebelumnya. Apa sebenarnya yang membuat sebuah perusahaan terus berjaya? Mengapa ada produk yang mampu menjadi paling banyak disukai konsumen?

Belajar dari kisah sukses perusahaan-perusahaan besar da-lam melayani pelanggan, ada pelajaran yang dapat dipetik. Pelajaran utama, pemilihan strategi yang tepat. Dengan kata lain, proses melayani kebutuhan pelanggan harus diselaraskan dengan strategi perusahaan (corporate strategy) yang telah disepakati dan ditetapkan

Ada tiga pilihan yang sering diimplementasikan perusahaan besar di Indonesia agar tetap jaya di dunia bisnis. Pertama, strategi yang berorientasi pada keunggulan produk. Kedua, berorientasi pada keunggulan operasional, yang paling utama efisiensi dalam membangun proses bisnis. Ketiga, strategi yang mengacu pada kedekatan dengan pelanggan, perusahaan berusaha membangun hubungan baik dan erat dengan para pelanggannya.

Pilihan strategi tidak harus satu, tetapi dapat pula dengan mensinergikan beberapa pilihan strategi dengan harapan perusahaan memiliki keunggulan kompetitif. Banyak inisiatif strategi yang dapat dilakukan sebuah perusahaan, dan ini semua tergantung pemimpin perusahaan. Seorang pemimpin bertanggung jawab untuk dapat memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan pada perusahaannya.

Untuk itu memang dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan merumuskan strategi dan mewujudkannya dalam tingkatan operasi. Strategi yang disusun harus mencakup berbagai aspek, internal maupun eksternal. Ada empat hal penting yang harus berkembang dalam perusahaan, yaitu sistem, infras-truktur, strategi dan sumberdaya manusia (SDM).

Selain itu, masih banyak strategi lain yang dapat diterapkan sesu-ai kondisi dan j6nis perusahaan masing-masing, misalnya dengan melakukan transformasi bisnis, ekspansi bisnis, mengembangkan bisnis secara organik maupun nonorganik, membangun kemitraan dengan pelaku bisnis lainnya, mencari sumber pendanaan alter-natif, mengembangkan platform layanart, dan ssebagainya.

Sebuah bisnis ketika telah berhasil mencapai level tertentu, membutuhkan pemikiran dan strategi yang jauh lebih matang untuk meraih keberhasilan yang berkelanjutan. Strategi yang diambil tentu saja merupakan langkah pertama sangat penting dalam menentukan nasib bisnis tersebut ke depannya. Strategi-strategi bisnis harus didasari pada kemampuan internal dan juga kondisi eksternal yang dihadapi. Strategi-strategi bisnis juga harus di-namis. Menurut teori manajemen strategi, grand strategy dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu growth, stability dan defensive strategy. ? – o

drg Revolusiana Diah Retnaningslwl MM Alumni MM PPS FE Ull.

manajemen strategi perusahaan aqua (13),jurnal strategi bisnis (11)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: bisnis, dampak, Indonesia, kajian, manajemen, mencapai, operasi, organik, produk, strategi