Home    

Manfaat Enceng Gondok

Rekayasa Eceng Gondok untuk Pakan Ternak | Ungara — Rencana pengelolaan gulma eceng gondok di Rawapening untuk diolah menjadi pakan temak mendapat sambutan positif dari Pe-merintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Pem-prov sangat berkepentingan lantaran kiat ini bisa menjadi solusi mengatasi paceklik pakan ternak saat musim kemarau tiba.

“Silakan saja, kami justru senang jika tanaman pengganggu itu dapat dimanfaatkan untuk pakan temak,” ungkap Gubemur Jawa Tengah, H Bibit Waluyo di sela kunjungan ke Unit Pengelola Teknis (UPT) Pusat Inseminasi Buatan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di Ungaran, Selasa (5/6).

Menurut Gubemur, peternakan di Jawa Tengah khususnya sapi dan kambing hingga saat ini masih mengalami kesulitan dengan ketersediaan air serta kontinuitas pakan temak. Terutama saat musim kemarau datang.

Satu ekor sapi, untuk penggemukkan, tiap hari membutuhkan pakan tambahan sedikitnya tujuh kilogram, air untuk minum 40 liter, serta rumput se-gar mencapai 50 kilogram. Kebutuhan ini akan sulit dipenuhi untuk daerah yang selama ini menjadi daerah langganan kekeringan.

Ia mencontohkan, peternakan di wilayah Kabupaten Blora yang populasi temak sapinya mencapai 200 hingga 300 ribu ekor sapi. Pada saat musim penghujan, para peternak tak banyak menghadapi persoalan dengan ketersediaan air serta kontinuitas pakan temak.

Namun kondisi ini akan jauh berbeda jika musim kemarau tiba, petemak di kabupaten ini kesulitan untuk menjaga ketersediaan pakan. Belum lagi temak sapi di Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Rembang.

Karena daerah ini hanya mengandalkan lahan tadah hujan. Sehingga saat musim kemarau tanaman sulit hidup, termasuk tanaman yang selama ini banyak dimanfaatkan untuk pakan temak. Karena persediaan air juga sangat terbatas.

Tanpa adanya langkah-langkah untuk menjaga ketersediaan pakan, peternakan di Jawa Tengah akan sulit menjaga stabilitas produksinya. “Pada saatnya, Jawa Tengah akan kesulitan mewujudkan swasembada daging pada 2014 nanti,” tegas Bibit kepada wartawan.

Sebelumnya, Menteri Negara Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya dalam kunjungannya ke Kabupaten Semarang, menegaskan, salah satu program revitalisasi lingkungan Rawapening adalah mengolah gulma eceng gondok menjadi pakan ternak.

manfaat eceng gondok (94),manfaat enceng gondok (61),makalah tentang eceng gondok (15),manfaat eceng gondok bagi kesehatan (13),manfaat eceng gondok untuk kesehatan (13),makalah eceng gondok (11)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: air, Balthasar Kambuaya, enceng gondok, Gubemur Jawa Tengah, Jawa Tengah, Kabupaten Blora, kambing, kemarau, mencapai, pakan ternak, peternakan, tanaman