Home    

Fungsi Perpustakaan Keliling

Perpustakaan Keliling | Kampanye Minat Baca Masyarakat | Purbalingga (KR) – Momentum pendataan KTP elektronik (e-KTP) dimanfaatkan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Purbalingga untuk kampanye minat baca. Satu unit Mobil Perpustakaan Keliling mangkal di halaman kecamatan yang tengah melakukan kegiatan perekaman data KTP.

“Warga yang menunggu panggilan bisa memanfaatkan waktunya untuk membaca buku-buku yang bermanfaat,” tutur Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Drs Purwanto MSi, Sabtu (2/6)

Purwanto didampingi Kepala Seksi Perpustakaan, Mahmudah menambahkan setiap hari satu-satunya mo-bil perpustakaan keliling yang dimilikinya itu mengangkut tidak kurang dari 1.200 eksemplar buku dari sekitar seribu judul. Mobil perpustakaan keliling mangkal di kantor kecamatan hanya pada hari Senin hingga Kamis. Sedang pada Jumat dan Sabtu, mobil itu untuk sekolah-seko-lah atau desa dan kelurahan sesuai permintaan.

Menurut Purwanto, dalam setiap lokasi yang dituju, animo masyarakat untuk membaca relatif cukup bagus. Bahkan tidak sedikit yang mengusulkan agar buku-buku yang diangkut dengan mobil perpustakaan keliling itu bisa dipinjam.

“Usul itu sebenarnya bagus. Hanya saja, permintaan warga itu belum bisa kami realisasikan. Di samping jumlah buku masih terbatas, ada kendala teknis lainnya,” ujar Purwanto.

Animo masyarakat membaca buku juga terlihat di perpustakaan umum Prof Sugarda Purbakawatja. Perpustakaan yang berada di kompleks Alun-alun Kota itu rata-rata dikunjungi 150 orang/hari. Setiap hari Sabtu, jumlah pengunjung lebih banyak lagi. “Umumnya mereka membaca buku-buku fiksi,” jelasnya.

pengertian perpustakaan keliling (13)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: buku, halaman, Kepala Seksi Perpustakaan, KTP, mobil, Mobil Perpustakaan Keliling, perpustakaan, Prof Sugarda Purbakawatja, sekolah