Home    

Cara membuat Cheese Stick Kentang yang renyah

Tanya:
Bagaimana cara membuat Cheese Stick Kentang yang renyah?

081259724xxx

Jawab:

Cheese Stick Kentang adalah penganan berbentuk panjang dan pipih berwarna kuning keemasan yang diolah dengan cara digoreng. Proses pembuatan adonan Cheese Stick Kentang tak jauh berbeda dengan adonan Keripik Bawang. Hanya saja perbedaan terdapat pada bentuk yang panjang serta rasa yang cenderung dominan keju, tidak seperti Keripik Bawang yang berbentuk lebar dan dominan dengan cita rasa bumbu bawangnya.

Penggunaan bahan dan bumbu pada proses pembuatan Cheese Stick Kentarg antara lain tepung terigu, tepung sagu, kentang, garam, chicken powder, lada halus, garlic powder dan bawang putih. Peralatan yang dibutuhkan waskom, penggorengan, penggiling pasta, dan saringan. Tapi, jika ditakukan secara manual dapat menggunakan rolling pin. Namun, dibutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian, karena saat nenggiling akan lebih lama.

Hal pertama yang dilakukan untuk membuat Cheese Stick Kentang adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan termasuk kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan. Komposisi kentang yang digunakan adalah 45% dari total tepung terigu. Setelah itu kocok telur dengan garam, lada, dan bawang putih di dalam waskom hingga kental. Lalu, memasukkan tepung terigu yang telah ciaduk rata dengan baking soda serta ditambah tepung sagu. Tepung sagu untuk menghasilkan karakter renyah pada Cheese Stick Kentang dengan komposisi sekitar 23% dari tepung terigu yang dipakai.

Selanjutnya, uleni adonan hingga benar-benar kalis dan sudah tidak melekat lagi di tangan, tambahkan parutan keju cheddar, sisihkan dan diamkan 30 menit. Setelah itu, siapkan alat penggiling pasta dimulai dari ukuran terbesar misalnya no.9 kemudian turunkan ke no.3, lakukan masing-masing penggilingan sebanyak beberapa kali pada tiap nomor ukuran penggiling adonan, dan terakhir gunakan pembentuk pasta sehingga adonan yang dihasilkan sudah berbentuk panjang-panjang dan tinggal dipotong-potong saja sepanjang 15 cm.

Letakkan adonan yang sudah jadi tersebut secara bertahap, dan setiap kali meletakkan adonan tebarkan dengan tepung agar adonan tidak saling menempel satu dan lainnya. Setelah semuanya siap, tahap selanjutnya adalah proses penggorengan dengan menggunakan minyak yang telah dipanaskan. Goreng Cheese Stick Kentang selama 5-10 menit hingga terlihat kuning keemasan, angkat dan tiriskan hingga benar-benar kering. Lalu, taburkan BBQ powder.

Stick kentang (62),stik kentang renyah (18),cara membuat stik kentang (17),cara membuat stik kentang yang renyah (16),cara membuat stik kentang renyah (12),resep stik kentang (12),resep stick kentang (11)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: BBQ, Cheese Stick Kentang, Cheese Stick Kentarg, garam, keju, Keripik Bawang, minyak, perbedaan, rasa, telur