Home    

Arsitektur Hemat Energi

Arsitektur Hemat Energi, Perlu!
PEMANASAN global dan ancaman krisis energi harus mendorong penciptaan hunian yang sesuai kondisi tersebut. Untuk itu aspek penting dalam desain arsitektur antara lain penataan energi dalam bangunan dengan perancangan yang berdasar pada keseimbangan alam. Industri konstruksi bangunan selama ini dituding sebagai penyumbang terbesar bagi pemanasan global, dan bentuk lain dari perusakan lingkungan.

Dari ‘Green Building Survey’ awai tahun lalu Indonesia memiliki nilai respon tertinggi 12,6% dari 9 negara lain, termasuk China, Australia dan Negara Asia Tenggara. Di lain pihak, ancaman krisis eumber energi perlu ditanggulangi dengan sumber energi terbarui dalam merancang bangunan yang hemat energi. Bersamaan itu desain bangunan hemat energi harus diciptakan.

Di negara-negara barat makin marak pembangunan dan pengubahan bangunan terkait kebutuhan energi listrik, dimana pencahayaan dari sinar matahari pada siang hari dimanfaatkan dengan berbagai sistem konstruksi dan materi bangunan, sehingga pada siang hari lampu di dalam rumah tak perlu dihidup-kan.

Pemakaian listrik hanya untuk hal-hal tertentu, seperti komputer, seterika, mesin cuci,kulkas dan sebagainya. Untuk bangunan
kantor pun desain arsitektur bisa mengacu sistem ini. Jika hal ini ditopang dengan pemanfaatan energi surya untuk listrik dengan atap sebagai panel surya, maka hemat energi pemukiman penduduk lebih baik.

Terkait pemanasan global, penerapan kon-sep desain yang berwawasan lingkungan perlu ditingkatkan penerapan arsitektur yang ekologis dengan penggabungan alam dengan teknologi. Kalau perlu menggunakan alam sebagai basis design, strategi konservasi, perbaikan lingkungan, dan bisa diterapkan pada semua tingkatan dan skala untuk menghasilkan suatu bentuk bangunan yang sering disebut ‘arsitektur hijau’.

Untuk mewujudkan hal itu arsitek, pakar eksterior, interior dan ahli pertanian sangat berperan, karena menyangkut konstruksi bangunan, estetika dan seleksi tanaman dan perawatannya. Desain arsitektur hemat energi merupakan perancangan bangunan untuk meminimalkan penggunaan energi tanpa membatasi fungsi bangunan maupun kenyamanan atau produktivitas penghuninya. Mengantisipasi sejak dini akibat pemanasan global, kerusakan lingkungan dan ancaman krisis energi merupakan keharusan. Generasi sekarang perlu intensif demi generasi yang akan datang. b-o (Rahajeng-Dari Berbagai Sumber)

arsitektur hemat energi (14),artikel arsitektur hemat energi (14)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: Arsitektur Hemat Energi, Australia, bangunan, energi, energi surya, lingkungan, listrik, PEMANASAN, surya, tanaman