Home    

Apa itu susu soya?

Halo Dokter. Usia anak saya saat ini enam bulan dan saya memberinya ASI.

Saya berencana memberikan susu formula pada anak saya. Dokter anak saya menyarankan untuk mengonsumsi susu soya. Waktu ke supermarket, sales susunya mengatakan susu soya itu untuk anak yang alergi susu sapi. Yang ingin saya tanyakan, apa sih susu soya itu sebenarnya? Lalu apa manfaatnya, dan bagaimana kalau anak saya tidak alergi dan tetap mengonsumsinya? Terima kasih.

Shantika, 25 tahun by e-mail

Pemberian susu berbasis soya dianggap mampu mengurangi efek alergi pada bayi, karena mineralisasi tulang sama dengan susu sapi, kecuali fosfor Iebih rendah, alkali fosfatase Iebih tinggi dan osteopenia Iebih banyak. Jumlah protein formula soya, mirip nutrien susu sapi, karena lemak bersumber dari minyak sayur, karbohidrat maltodekstrin, cornstarch dan sukrosa. Semua formula soya diakui bebas laktosa.

Di Cina, soya disebut sebagai daging tanpa tulang karena protein soya setara dengan protein pada daging, susu sapi, dan telur. Malahan soya diketahui sebagai salah satu dari tidak banyaknya sumber makanan dari tumbuhan yang paling mendekati dalam memenuhi semua bagian penting dalam asam amino (pembangun protein). Sebagai pengganti susu sapi, Anda dapat memilih susu soya yang mengandung isolate kedelai. Alasannya, isolate protein kedelai adalah sumber protein yang dapat memenuhi kebutuhan protein dalam usia pertumbuhan, dan aman untuk anak yang mengalami alergi terhadap protein susu sapi. Tak hanya itu, susu soya yang berbahan dasar isolate kedelai juga mempunyai kandungan protein, mineral dan vitamin yang setara dengan kandungan susu sapi, seperti:

•             Bebas protein susu sapi, hanya mengandung protein nabati.

Protein nabati tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada penderita alergi susu sapi (yang juga tidak alergi terhadap protein nabati), dan mempunyai keuntungan karena dapat membuat lebih sedikit kehilangan kalsium pada ginjal.

•             Tidak mengandung laktosa Sekitar 25% dari populasi dunia tidak dapat mentoleransi laktosa.

•             Dipakai secara luas untuk anak yang menderita alergi susu sapi. Jumlah anak alergi terhadap susu sapi diperkirakan 2,5 – 7,5%, bahkan di beberapa negara angka ini lebih besar.

•             Zat gizi setara dengan susu sapi. Susu formula dari soya yang dibuat untuk balita telah memenuhi Angka Kecukupan Gizi yang setara dengan susu formula yang dibuat dari susu sapi, dan dapat memastikan pemenuhan nutrisi makro dan mikro balita.

•             Mengandung Omega 6 dan Omega 3.

Berperan penting untuk pertumbuhan otak dan mata.

•             Mengandung Karoten, Vitamin C dan E.

Fungsi dari karoten, vitamin C dan E adalah sebagai anti oksidan pelindung sel-sel tubuh, dan mendukung perkembangan sistem penglihatan.

•             Mengandung Kalsium dan Fosfor, menunjang pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

Dengan demikian, Anda tak perlu risau lagi jika balita alergi terhadap susu sapi. Selain tetap memenuhi nutrisi penting sesuai dengan kebutuhan usianya, Anda juga bisa menambahkan susu soya sebagai pelengkap kebutuhan gizi balita, agar ia dapat tetap tumbuh dengan baik dan sehat. Semoga bermanfaat. Terima kasih •

apa itu soya (27),apa itu susu soya (15),pengertian soya (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: alergi, anak, kedelai, memenuhi, mengandung, Mengandung Karoten, mineral, nutrien, nutrisi, soya, susu, susu formula, susu soya, tulang