Home    

Vertikultur

Berkebun di Lahan Sempit

Vertikultur. Makanan apa pula ini? Itu memang bukan sejenis makanan, tetapi erat kaitannya dengan cara menghasilkan sumber makanan berupa buah dan sayuran, alias berkebun. Dengan cara ini, hobi berkebun bisa tersalur, petani bisa melipatgandakan ha-sii panennya.

Sebenarnya teknik ini bukan barong baru, meskipun dikatakan merupakan terobosan baru da-lam bidang pertanian. Di Inggris, misalnya, cara ini sudah banyak dilakukan terutama ‘ untuk pengadaan cadangan pangan di musim dingin, atau untuk menyambut Natal de-
ngan menanam tanaman buah atau sayuran tertentu.

Vertikultur tidak lain ada-lah teknik menanam tanaman buah dan sayuran secara vertikal atau bertingkat.

Bagi Anda yang punya hobi berkebun tapi tak punya lahan, atau kalaupun ada sempit, vertikultur mungkin bisa merupakan jalan keluar. Jadi, tentunya ini cocok pula buat yang tinggal di kota-kota besar dan kekurangan lahan untuk berkebun atau sekadar ruang hijau.

Prinsipnya memang efisiensi penggunaan lahan. Selain hobi bisa tersalur dan halaman tambah asri, Anda bisa memperoleh panen yang lebih banyak dengan lahan terbatas. Kecuali itu, hasilnya lebih bersih dan segar, serta bebas dari pencemaran pestisida dibandingkan dengan cara tanam konvensional di permukaan tanah.

Bahkan dari kebun ini, kebutuhan dapur akan tercu-kupi sehingga bisa menghemat ongkos keperluan dapur.

Dengan vertikultur Anda bisa menanam apa saja: cabai, terung, mentimun, tomat, kacang panjang,bawang merah atau putih, bayam, kangkung, selada, seledri, bawang daun, kubis, kemangi, kol bunga, atau brokoli. Pokoknya, jenis tanaman kecil dengan perakaran pen-dek yang bisa diambil daun, umbi, atau buahnya, untuk dikonsumsi.

makalah vertikultur (86),pengertian vertikultur (43),vertikultur bawang merah (19),contoh makalah vertikultur (15),definisi vertikultur (13),artikel vertikultur (12),makalah tentang vertikultur (11),artikel tentang vertikultur (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: berkebun, halaman, hobi, kebun, pertanian, tanah, teknologi pertanian, vertikultur