Home    

Tips Membuat Jus yang Sehat dan Nikmat

Membuat jus tidaklah sulit dan siapa pun dapat melakukannya dengan mudah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak membuatnya agar jus yang dihasilkan dapat bermanfaat secara optimal. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.

Memilih Buah dan Sayuran untuk Jus

a. Pilih buah dan sayuran yang masih segar.

Secara umum, buah dan sayuran yang baik memiliki wama yang tidak buram dan tidak cacat (sobek, pecah atau memar).

> Untuk sayuran daun, pilih yang tulang daunnya masih terlihat jelas dan batang daun dapat dengan mudah dipatahkan.

> Untuk buah, pilih yang kondisinya belum berair, tidak terlalu lunak, dan aromanya masih segar.

> Untuk sayuran umbi, pilih yang tidak luka atau memar. Khususnya wortel, pilihlah yang masih muda yang berwarna jingga cerah, lapisan putih pada kulitnya hanya sedikit dan tidak terlihat jelas, lekuk-lekuk pada umbi belum membentuk akar halus, serta pangkal umbi terasa lunak jika ditekan menggunakan kuku.

b. Buah dan sayuran yang akan digunakan haruslah dalam kondisi matang yang optimal, tetapi jangan sampai terlalu matang.

c. Utamakan menggunakan buah dan sayuran organik.

Buah dan sayuran organik umumnya bebas peptisida dan pupuk kimia. Meskipun relatif lebih mahal, bahan organik terbukti lebih aman dan lebih berkhasiat. Altematif lainnya adalah dengan memilih buah atau sayuran yang dibudidaya secara tradisional, umumnya tanaman ini tidak terjamah peptisida dan pemupukan yang intensif.


Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: buah, buah-buahan, jus, membentuk, organik, sayur, sayuran