Home    

Peranan Bidan di Masyarakat

Bidan Profesional, Mandiri dan Berkarakter

Bidan adalah tenaga kesehatan yang menjadi ujung tombak pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui penurunan angka kematian ibu dan anak. Direktur Akademi Kebidanan Yogyakarta (AKBIDYO) Drs Henri Soekirdi MKes mengatakan keberadaan bidan sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Bidan merupakan pendamping perempuan selama masa kehamilan, kelahiran dan nifas. Maka, praktik kebidanan harus mampu membangun rasa percaya diri perempuan dalam proses kelahiran.

Mengingat besarnya peranan bidan dalam pembangunan kesehatan, maka calon bidan harus dibekali pengetahuan dan ketrampilan asuhan kebidanan yang profesional dan dijiwai rasa pengabdian dan tanggung jawab, serta memiliki karakter kebangsaan yang tinggi.

Bidan harus memiliki jiwa percaya diri, meyakini, serta menghargai perempuan dalam kemampuannya untuk melahirkan. Dalam memberikan asuhan kebidanan harus mampu menjaga kepercayaan dan saling menghargai antara bidan dan perempuan dan dilakukan secara partnership dengan perempuan, bersifat individual, berkesinambungan dan tidak otoriter serta menggunakan teknologi dengan tepat dan melakukan rujukan pada waktu yang tepat jika timbul masalah.

“Dalam target MDGs, bidan diharapkan dapat mengurangi tingkat kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu dan memerangi HIV/AIDS, malaria, penyakit menular lainnya serta memberikan jaminan akan kelestarian lingkungan hidup,” jelas Henri. Oleh karena itu, lanjut Henri, kurikulum disusun bukan hanya mendasarkan kompetensi bidan saja tetapi dilengkapi dengan kemampuan kewirausahaan serta menanamkan perilaku yang jujur dan anti korupsi. Bidan sebagai salah satu pemimpin masyarakat khususnya dibidang kesehatan perempuan diharapkan menghindarkan diri dari perilaku koruptif maupun tindak korupsi.

Sehingga bidan lulusan AKBIDYO, yang kini telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT, dapat mengaplikasikan prinsip dan praktek safe motherhood dalam pelayanan kesehatan reproduksi perempuan disetiap tatanan pelayanan kesehatan, telah mengubah peran bidan di masyarakat, menjadi pemimpin informal untuk masyarakat setempat. Untuk dapat menjalankan perannya sebagai penggerak perubahan, bidan harus mengasah kepemimpinannya agar dapat berperan secara kredibel.

peran bidan dalam masyarakat (68),artikel bidan (48),Artikel Tentang Kebidanan (41),peran bidan di masyarakat (40),bidan sebagai pemimpin (21),partnership bidan dan perempuan dalam pelayanan kebidanan (20),artikel tentang bidan (18),peran bidan sebagai pemimpin (12),peranan bidan dalam masyarakat (11),peran bidan dalam mdgs (10),peran bidan dalam pelayanan kesehatan masyarakat (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: anak, bidan, fungsi bidan, Indonesia, kehamilan, Mandiri, peran bidan, rasa