Home    

Pengertian Migrasi, Definisi Migrasi

Pengertian Migrasi adalah pergerakan musiman burung atau hewan lainnya. Kebanyakan burung memiliki rumah musim panas dan dingin yang berbeda, sehingga setiap tahim mereka berpidah dari satu tempat ke teinpat lainnya. Beberapa jenis hanya berpindah dalam jarak yang dekat, namun sebagian besar terbang dengan jarak ribuan kilometer setiap tahun.

Lebih dari sepertiga spesies burung di dunia melakukan migrasi dengan terjadinya pergantian musim. Ke mana mereka pergi? Bagiamana mereka tahu ke mana harus pergi dan bagaimana menuju ke sana? Migrasi sangat kompleks, ilmu pengetahuan modern masih mencari jawabannya.

Perjalanan yang mengagumkan

Siang Malam: Beberapa spesies bermigrasi pada malam hari, sebagian lagi pada siang hari. Bebek, belibis, angsa seringkali bermigrasi pada siang hari. Sementara burung-burung yang lebih kecil cendrung bermigarsi pada kegelapan malam untuk pelindungan dari pemangsa.

Kecepatan: Burung bermigrasi pada kecepatan rata-rata yang hampir sama. Angsa sekitar 75 km per jam, belibis atau bebek bisa mencapai 80 km per jam. Sandpiper bahkan bisa terbang sampai 90 km per jam. Berapa jauh migrasi mereka tergantung pada seberapa baik kondisi cuaca dan seberapa banyak makanan yang tersedia di sepanjang perjalanan. Salah satu kasus luar biasa tercatat oleh burung Knot (burung pantai Eropa) yang terbang melebihi 4.500 kilometer dalam waktu 8 hari – dengan kecepatan rata-rata 600 kilometer per hari!

Istirahat: Selama migrasi, biasanya burung berhenti di beberapa tempat. Selama 1 atau 2 hari bahkan lebih. Istirahat ini seringkali setelah penerbangan yang panjang dan ketika mereka tiba di lahan basah seperti mangrove, tempat yang kaya akan makanan.

Cuaca: Kadangkala cuaca buruk memaksa burung untuk berhenti dan menunggu beberapa hari. Hujan deras dapat memperlambat migrasi bahkan membuat mereka berbalik arah. Angin kencang juga dapat memperlambat migrasi dan bahkan membunuh burung yang sedang bermigrasi, khususnya ketika mereka terbang menyeberangi lautan. Kabut tebal juga seringkali membuat burung kebingungan menentukan arah.

Bahaya: Setengah dari burung yang bermigrasi tidak pernah mencapai tujuan mereka. Mereka menghadapi berbagai bahaya seperti badai yang disertai hujan, salju, dan petir; predator seperti elang dan pemburu; bangunan tinggi dengan dinding kaca; menara dan kabel listirk; pesawat terbang; dan polusi seperti tumpahan minyak. Mereka harus melewati area di mana tidak terdapat cukup makanan, daerah yang tidak mereka kenal dengan predatornya. Kebanyakan harus terbang menyeberangi lautan luas tanpa bisa berhenti dan mendarat.

Kadangkala, setelah terbang ribuan kilometer mereka menemukan tempat singgah mereka berupa lahan basah atau mangrove telah berubah fungsi atau bahkan hilang.

artikel migrasi (47),pengertian migrasi (43),definisi migrasi (38),pengertian migrasi menurut para ahli (37),makalah migrasi (30),artikel tentang migrasi (30),makalah tentang migrasi (25),pengertian imigrasi (18),arti migrasi (16),makalah imigrasi (16),definisi migrasi menurut para ahli (16),migrasi menurut para ahli (12),pengertian migrasi musiman (11)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: bahaya, burung, hewan, jarak, migrasi, modern, Pengertian Migrasi, perjalanan, rumah, spesies