Home    

Pengertian Gagal Ginjal

Pengertian gagal ginjal atau definisi gagal ginjal, dapat kita telusuri berdasarkan waktunya, terdapat dua kelompok penyakit gagal ginjal: gagal ginjal akut dan kronis.

Gagal ginjal akut adalah kondisi penurunan laju filtrasi (penyaringan) glomerulus dan gangguan kemampuan ginjal untuk menghasilkan produksi sisa metabolism. Masalah ini bisa terjadi dengan seketika bahkan ketika kondisi ginjal seseorang sebelumnya sehat. Itulah alasan mangapa digunakan istilah gagal ginjal akut.

Penyakit gagal ginjal kronis merupakan kondisi dimana ginjal kita mengalami kerusakan  dan penurunan fungsi. Dampak dari kerusakan ginjal akan sangat tampak pada gambaran pemeriksaan darah di dalam tubuh kita. Pasalnya, karena fungsinya berkurang secara otomatis racun yang terdapat di dalam aliran darah kita menjadi sulit untuk dikeluarkan. Hasilnya adalah sampah-sampah di dalam tubuh kita akan menumpuk menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu fungsi ginjal secara keseluruhan juga akan terganggu, seperti fungsi menjaga stabilitas tekanan darah, sehingga tekanan darah dapat mengalami peningkatan, fungsi produksi sel darah merah yang menurun sehingga berakibat terhadap kondisi anemia, fungsi pengaturan elektrolit, dsb.

Perjalanan penyakit dari masing-masing masalah ini sebenarnya bergantung pada penyebabnya. Sebagai contoh, keracunan obat-obatan akan sembuh dengan sendirinya setelah menghentikan konsumsi obat tersebut. Tapi kondisi lain bisa menyebabkan penyakit ini menjadi lebih parah, irreversible/tidak dapat pulih kembali bahkan meninggal jika tidak ditangani dengan baik.

pengertian gagal ginjal (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: darah, definisi, fungsinya, gagal ginjal, gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, ginjal, obat, penyakit gagal ginjal, sel