Home    

Penderita HIV / AIDS Jawa Tengah

Banyumas Duduki Ranking Ketiga | BANYUMAS (KR) – Kabupaten Banyumas menempati ranking 3 pengidap HIV/AIDS se-Provinsi Jawa Tengah. Posisi Kabupaten Banyumas berada di bawah Semarang dan Surakarta sebagai daerah terbanyak pengidap penyakit yang ‘mematikan’.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Banyumas, Budi Pramono mengemukakan tinggi-nya pengidap HIV/AIDS karena persoalan penyakit yang dulu bernama ‘Raja Singa’ itu ibarat puncak gunung es. Hal itu disampaikan dalam acara Sosialisasi Penanggulangan Bahaya Virus HIV/AIDS di SMK Ma’arif NU Cilongok, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Kamis (24/5).

Budi Pramono menyampaikan masih banyak pengidap HIV/AIDS yang tidak terdata di Dinkes lantaran mereka tertutup. Dicontohkan pekeija seks komersial (PSK) dan pria hidung belang yang biasa ‘jajan’ tidak mau terus terang bila ternyata terkena penyakit HIV/AIDS. Akibatnya petugas kerepotan melakukan pencegahan.

Saat ini KPA intensif menyebarkan informasi mengenai bahaya HIV/ AIDS ke beberapa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Budi Pramono mencontohkan di sebuah desa, satu penduduknya meninggal karena AIDS, tetapi dianggap karena serangan darah tinggi. Padahal bila keadaan itu tidak segera diketahui, orang yang memandikan jenazah pengidap HIV/AIDS bisa tertular.

Sementara Nova, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas menga-takan ada empat faktor yang dapat menularkan virus HIV/AIDS ke orang lain, yakni melalui air susu ibu (ASI), vagina, sperma dan darah.

“Selain empat faktor itu, virus HIV/ AIDS tak dapat menular,” jelasnya.

Wakil Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menilai pendidikan agama sebagai benteng ampuh untuk mencegah dari perbuatan kemaksiatan yang berujung terkenanya virus HIV/A1DS.

“Nilai-nilai agama masih perlu diberikan kepada anak-anak supaya terbentengi dari pengaruh budaya nega-tif di tengah kehidupan bermasyarakat,” ucapnya.


Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: AIDS, Budi Pramono, darah, HIV, HIV / AIDS, jenazah, KPA, NU, Posisi Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, PSK, Raja Singa, sperma