Home    

Mengelola Data Base MS Excel

Sebagai program pengolahan data , MS Excel mempunyai kemampuan dalam mengolah basis data,ada dua istilah dasar yang penting untuk diketahui yaitu field dan record. Field adalah item data yang mempunyai satu pengertian,sedangkan record adalah kumpulan field – field yang membentuk satu kesatuan informasi.

Mengelola Basis Data dengan Form MS Excel

Selain dalam bentuk lembar kerja, MS excel menyediakan bentuk form dalam pengelolaan basis data kita.

 

 

  1. Buat lembar kerja dibawah ini

No

Kode Barang

Stok

1

DS 05

4

2

TR 08

3

3

TR 03

6

4

DM 12

8

5

DS  02

10

6

DS 08

23

7

DM 01

4

8

TR 01

7

9

DM 09

3

10

DS 10

12

 

Basis data di atas terdiri dari 3 field , yaitu No, kode barang dan stok, serta mempunyai 10 Record.

  1. Pilih menu Data – Form

Gambar. Form

 

Perhatikan gambar di atas. Dengan fasilitas form ini kita dapat dengan mudah menghapus rewcord ( tombol Delete), menambah record (tombol New) dan mengubah record.

Pengurutan

Data dalam format berurutan akan lebih mudah dibaca dari pada data dalam format acak. Excel menyediakan fasilitas untuk melakukan penurutan data dengan perintah sort. Pengurutan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: pengurutan turun dan pengurutan naik. Excel menyediakan fasilitas pengurutan untuk dua cara tersebut yaitu pengurutan Ascending( penngurutan dari kecil ke besar atau pengurutan naik) dan descending ( pengurutan dari besar ke kecil atu pengurutan turun).

Buat lembar kerja stok barang, kemudian urutkan data tersebut pada field stok, dari kecil ke besar. Urutan langkah yang harus dilakukan adalah:

Blok / sorot data yang akan di urutkan ( kode Barang dan Stok), kemudian pilih nenu Data – sort, sehingga tampak gambar seperti di bawah ini

Gambar. Pegurutan

  • Pilihan Sort By dan Then By digunakan untuk menentukan urutan kunci atau dasar pengurutan. Excel menyediakan tiga tingkat kunci pengurutan. Bagian tersebut diisi dengan nama Field atau nama kolom
  • Pilih Ascending dan Descending digunakan untuk menentukan cara pengurutan
  • Ascending untuk pengurutan naik
  • Descending untuk pengurutan turun
  • Pada pilihan My list Has tampak pilihan Header Row dan No Header Row. Header Row digunakan apabila pengurutan didasarkan pada nama field, sedangkan No Header Row digunakan apabila pengurutan didasarkan atas nama kolom. Pilihan ini akan menentukan pilihan sort BY dan Then By.
  • Jika semua pilihan sudah sesuai , klik OK. Tapi jika ingin membatalkan pengurutan , klik Cancel.
mengelola database dengan excel (20),perbedaan ascending dan descending (12),Ada tiga macam kemampuan Excel dalam pengolahan data yaitu (11)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: basis data, data, data base, Data Form, DS, Header Row, informasi, Kode Barang, kunci, MS, MS Excel, No Header Row, pengertian