Home    

Membuat Pupuk Kompos

Di Wonosobo Stok Pupuk Aman
Penyuluh Lapangan Dilatih Bikin Kompos
MUNGKJD (KR) – Untuk mendukung program pemerintah tentang swasembada beras dan daging nasional tahun 2014, Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Magelang menggelar pelatihan penyuluh lapangan (PPL) swadaya/swasta. Pelatihan dilakukan di BP2KP sejak awai April lalu hingga Juli mendatang.

Menurut Kepala BP2KP Kabupaten Magelang, Ir Agusliem, Sabtu (19/5) di kantomya, materi dalam pelatihan itu meliputi teknik penyuluhan, alih teknologi, pengembangan je-jaring untuk memutus rantai pemasaran yang panjang, pembinaan kelompok tani. “Salah satu yang penting adalah pelatihan pembuatan pupuk kompos dalam rangka mandiri pupuk. Ini penting agar petani mulai mengurangi penggunaan pupuk kimia agar kesuburan tanah kcmbali lagi,” katanya.

Namun diakuinya, untuk mengubah pola dan budaya petani saat ini sangat sulit. Diperlukan pioner-pioner petani dan peternak yang sukses di bidangnya. “Orang Jawa itu kalau tidak melihat dan membuktikan telebih dahulu, tidak mudah percaya. Karena itu, ka-
mi ingin membuktikan dahulu melalui para tenaga penyuluh swasta dan swadaya ini,” terangnya.

Peserta pelatihan, kata Agusliem, berasal dari 21 kecamatan di wilayah ini. Selain untuk mendukung program pemerintah tentang swasembada horas dan daging, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas para penyuluh swasta khususnya bidang tanaman pangan dan peternakan.

Aman

Memasuki musim tanam kedua 2012, permintaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Wonosobo mengalami peningkatan. Meski demikian Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Kabupaten Wonosobo memastikan stok pupuk aman dan bisa mencukupi kebutuhan petani.

“Stok pupuk aman, jadi petani tidak perlu khawatir terjadi kelangkaan pupuk. Kami akan terus memantau dan mengawasi dis-tribusi pupuk bersubsidi agar bisa tepat sasaran dan dinikmati petani,” papar Kasi Tanaman Pangan Dispertan Kabupaten Wonosobo, Hikimin dihubungi KR, Minggu (20/5).

artikel pembuatan pupuk kompos (19),makalah pembuatan pupuk kompos (12)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: Ir Agusliem, Kabupaten Wonosobo, KR, pemerintah, PPL, program, tanah, tanam