Home    

Manfaat Rawa Mangrove

Sumber Air

Rawa berfungsi menyimpan air tawar, membantu menjaga keseimbangan antara air asin dari laut dan air tawar yang terdapat di dalam tanah. Jika rawa mengering, ini menunjukkan jumlah air tawar yang ada di dalam tanah sedikit, akibatnya sumur sumur di daerah pesisir akan tercemar oleh air laut.

Sumber Mata Air

Di beberapa daerah rawa terdapat sumber mata air yang menyembur vertikal dari batuan bumi. Sumber air ini menyediakan air bersih bagi masyarakat pesisir. Ada juga sumber air tanah yang terdapat di dasar sungai atau bahkan di bawah laut. Sumber air seperti ini membantu menjaga kondisi tempat tinggal ikan dan hewan laut untuk tumbuh dan berkembang biak.

Perlindungan Daerah Pesisir serta Menjaga Mutu Air dan Udara

Melindungi dari Banjir

Rawa menampung air dari badai, menyerapnya, dan melepaskannya secara perlahan, ini dapat membantu mencegah terjadinya banjir. Rawa juga melindungi terumbu karang dan rumput laut yang bisa rusak akibat banjir air tawar.

Menjaga Garis Pantai

Akar tanaman yang tumbuh di rawa membantu mengikat dan menstabilkan tanah di sepanjang pantai. Adapun daun, dahan, dan batangnya menahan terpaan angin. Mangrove membantu melindungi dengan cara mengurangi erosi pantai dan kerusakan akibat badai, juga dengan cara mengikat endapan yang dibawa oleh sungai ke pantai, sehingga melindungi karang dan rumput laut. Seringkah endapan dari darat ini mengandung bahan-bahan berbahaya dalam jumlah besar seperti sisa-sisa pupuk dan pestisida dari daerah pertanian atau logam berat dari kegiatan pertambangan. Rawa menghentikan kontaminasi ini sebelum masuk ke laut dan dapat mengubahnya menjadi zat yang tidak berbahaya melalui proses biologi, kimia, dan fisika. Rawa di beberapa tempat di dunia bisa berkembang cukup cepat untuk mengimbangi kenaikan air laut akibat adanya pemanasan global. Ini berarti, kegunaan rawa bagi perlindungan pesisir makin meningkat.

Kontribusi bagi Produktivitas Pesisir

Hutan mangrove pesisir adalah termasuk salah satu ekosistem paling produktif di bumi. Rawa hanya menyelimuti sekitar 6,4% permukaan bumi, tapi menyumbangkan 24% dari produkvitas global. Tumbuhan yang hidup di rawa mangrove menyerap karbon dalam jumlah besar, lalu mengubahnya menjadi makanan bagi tumbuhan dan hewan.

Kontribusi bagi Mutu Udara

Tumbuhan rawa menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis. Kelebihan nitrogen seperti yang terkandung dalam pupuk diuraikan di sini melalui sebuah proses yang dikenal dengan denetrification. Tingkat karbon dan sulfur dalam atmosfir yang telah meningkat secara dramatis sebagai akibat dari pembakaran minyak dan batu bara diserap dan diturunkan oleh kemampuan rawa yang bertindak sebagai “bak penampung11 dan mengurai unsur ini menjadi bentuk yang tidak berbahaya.

Keanegaragaman Hayati dan Spesies Langka

Karena rawa mangrove merupakan daerah yang sangat produktif, berbagai spesies tumbuhan dan hewan memanfaatkannya sebagai bahan makanan, tempat berlindung, bertelur, bersarang, dan berburu. Secara nyata, seluruh ikan dan kerang yang bernilai ekonomis bergantung pada lahan basah.

Rawa mangrove juga sangat penting artinya bagi keanaekaragaman hayati— kekayaan makhluk hidup. Banyak spesies tumbuhan dan hewan yang hanya dapat ditemui di mangrove saja—tidak terdapat di tempat lain di muka bumi. Salah satu contohnya adalah sejenis belibis yang dikenal dengan West Indian Whistling Duck di Karibia. Kerusakan daerah rawa akan mengakibatkan banyak spesies menjadi langka.

Nilai Pendidikan

Daerah rawa mangrove merupakan laboratorium hidup yang sempurna untuk belajar ilmu lingkungan, geografi, sejarah, dan banyak bidang studi lainnya. Rawa adalah tempat yang menarik bagi para peneliti karena beragam dan kompleksnya ekosistem alami yang ada.

Keindahan Alam dan Rekreasi

Kini, makin banyak orang mencari tempat indah, alami, dan sepi yang jauh dari kehidupan kota. Di daerah rawa mangrove dapat ditemui lansekap yang indah dan berbeda sama sekali. Selain berburu dan memancing, kegiatan seperti berperahu, lintas alam dan pengamatan burung, dapat dilakukan di daerah hutan mangrove.

manfaat rawa (843),manfaat rawa bagi kehidupan manusia (238),manfaat rawa bagi manusia (82),pengertian rawa (60),kegunaan rawa (41),manfaat air rawa (39),ARTIKEL RAWA (30),google (26),makalah tentang rawa (23),pengertian ekosistem rawa (21),rawa adalah (20),5 manfaat rawa (17),manfaat dari rawa (14),makalah ekosistem rawa (13),pengertian rawa dan manfaatnya (12)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: air, mangrove, Menjaga Garis Pantai, Mutu Udara, Nilai Pendidikan, Perlindungan Daerah Pesisir, Produktivitas Pesisir, Sumber Air, Sumber Mata Air, tanah