Home    

Kebiasaan Melamun

Melamun sering bisa membawa manusia melihat dunia seperti surga.. Akan tetapi betulkah melamun itu termasuk salah satu penyakit jiwa?

Apabila melamun datang hanya sesekali dalam kehidupan, maka itu termasuk hal yang alami. Siapakah diantara kita yang tidak pernah melamun dan berangan-angan?

Namun problemnya adalah melamun dijadikan tempat pelampiasan dari ketatnya persaingan hidup, hingga menjadi kebiasaan buruk. Tentu itu akan menjadi preseden (pertanda) buruk dan akan membawa diri kita untuk tidak berani menghadapi tantangan dan kerasnya hidup. Kenyataan akan menjadikan masa depan kita suram karena tidak dibangun di atas nilai-nilai yang sesungguhnya. kemungkinan dalam lamunan hanya akan melihat  bahwa kita hidup dalam kesuksesan. Tentu semua tidak akan pernah terjadi jika tidak ada usaha dan niat yang kuat untuk menjauh dari angan-angan dan meniti kesuksesan yang sesungguhnya. Sehingga kita bisa mempersiapkan masa depan yang baik agar tidak terancam dengan kegagalan.

Solusi Kebiasaan Melamun

Untuk mengobati penyakit ini kita harus mencari sebab-sebabnya. Sebab yang paling utama yaitu banyaknya waktu kosong. Karena waktu kosong kita sering bingung harus berbuat apa?Sehingga orang akan dapat peluanguntuk melamun.Pertama-tama kita akan mengisi waktu luang dengan berjalan bersama ide yang melintas dalam pikiran kita. Memang kita tidak mungkin mampu mengoptimalkan waktu luang dengan kegiatan besar , tapi minimal kita bisa menggunakan waktu luang kita untuk hal positif, walaupun sekecil apapun manfaatnya

Oleh karena itu, hendaknya kita menyibukkan diri dengan segala kegiatan yang positif. Misalnya membantu orang lain, membaca buku atau membaca al Qur’an dan bisa juga berzikir mengingat Alloh. Sehingga tidak ada sela waktu yang luang untuk melamun.

Pentingnya mempunyai jadwal harian. Membaca Al Quran adalah salah satu cara untuk menenangkan jiwa dan menjernihkan pikiran. InsyaAlloh kita akan mendapatkan kelapangan dada, ketenangan  batin dan hiburan dari kesedihan. Alloh berfirman dalam QS Al Isra’: 82 yang artinya : “Dan kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-oranmg yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”

kebiasaan melamun (24),pengertian melamun (22),penyakit melamun (18),cara menghilangkan kebiasaan melamun (14)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: melamun, Membaca Al Quran, Solusi Kebiasaan Melamun