Home    

IQ dan Ukuran Otak

Benarkah orang yang punya otak besar pasti pintar? Dua tim peneliti dengan menggunakan body scanner elektromagnetis terbaru menemukan jawabannya. Orang dengan volume otak lebih besar cenderung meraih angka 10 (intelligence quotient) lebih tinggi daripada yang volume otaknya lebih kecil. Padahal pandangan konvensional mengatakan, pintar atau bodoh itu lebih ditentukan oleh kualitas jaringan otak, bukan ukurannya.

Dengan menggunakan alat magnetic resonance imaging (MRI), bisa diperoleh gambar otak secara detil dan akurat, begitu yang bersangkutan selesai menjalani tes IQ. Ukuran otak tersebut kemudian disesuaikan lagi dengan ukuran tubuh yang bersangkutan supaya diperoleh pengukuran yang standar.

Tim Fakultas Kedokteran Universitas Iowa, AS, meneliti otak 37 pria dan 30 wanita (umur 38 tahun), yang punya angka 10 rata-rata 116. Hasilnya, sampai sepertiga dari perbedaan angka-angka 10 yang ada punya korelasi dengan volume otak atau sub bagiannya. Jadi secara statistik ada hubungan yang berarti antara inteligensi dengan volume otak, sub bagiannya, dan- jaringan otak. Kesimpulannya, otak yang lebih besar memiliki angka 10 lebih tinggi.

Namun menurut Nancy Andreasen, profesor ilmu penyakit ji-wa, yang memimpin penelitian, hasil tersebut harus dipertimbangkan dengan hati-hati karena faktor kualitas jaringan otak juga penting untuk diperhatikan. *

Masih tentang ukuran otak, hasil penelitian di University of Western Ontario, Kanada, menunjukkan bahwa ukuran otak wanita lebih banyak berkaitan dengan kecakapan bertutur kata daripada kemampuan tentang ilmu ukur ruang. Psikolog lain menyatakan, ada perbedaan ukuran otak pria dan wanita. Bahkan, secara keseluruhan 10 pria lebih tinggi daripada wanita.

Otak pun bertanggung jawab terhadap perilaku seksual. Tahun 1991, para peneliti menemukan bukti bahwa suatu bagian kecil dari otak bertanggung jawab terhadap perilaku seksual. Pada kaum wanita dan homoseksual ternyata lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan pria heteroseksual.

Sementara psikolog lain meragukan usaha mengidentifikasi perbedaan antara pria dan wanita dengan inteligensi. 10 sendiri, menurut Helen Haste, dosen ilmu psikologi pada University of Bath, merupakan alat ukur yang sangat kasar dari pelbagai aspek inteligensi yang berbeda-beda dan kompleks. “Ini ibaratnya mencoba mengukur elektron menggunakan penggaris berskala inci,” AJkiiiya. ? (Charles Hyman/rye)

pengertian iq (38),ukuran iq (11)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: alat, elektromagnetis, IQ, jaringan, Nancy Andreasen, otak, peneliti, Penelitian, perbedaan, scanner, statistik