Home    

Herpes Simplex Virus (HSV)

Ada dua jenis virus herpes simplex yaitu tipe 1 dan tipe 2. Lokasi infeksi HSV tipe 1 biasanya pada daerah wajah dan mulut sedangkan HSV tipe 2 lebih banyak pada daerah genital.sebagian penderita tidak sadar bahwa mereka telah terinfeksi HSV, namun sebagian lainnya sadar karena adanya gejala seperti nyeri dan gatal serta timbul gelembung berisi cairan. Virus ini dapat ditularkan ke janin bila ibu terjangkit saat hamil.

Infeksi HSV pada kehamilan

Infeksi HSV pada kehamilan dapat menimbulkan kelainan pada bayi yang baru lahir. Infeksi virus ini lebih  banyak terjadi saat bayi dilahirkan melalui jalan lahir. Gelembung yang berisi cairan dapat pecah dan menginfeksi bayi saat itu. Kemungkinan infeksi terjadi lebih besar bila ibu tidak memiliki kekebalan terhadap HSV. Bayi yang terjangkit infeksi HSV akan menimbulkan  infeksi pada kulit, mata dan mulut, dan juga dapat menimbulkan kelainan pada system syaraf, organ lainnya serta retardasi mental. Derajat keparahan dapat diminimalkan dengan penanganan yang cepat dan dini.

Pemeriksaan Herpes Simplex Virus

Pemeriksaan adanya infeksi HSV ada dua jenis yaitu

  1. IgM anti HSV : Tes IgM menandakan bahwa sedang terjadi infeksi ataupun infeksi yang baru saja berlangsuing.
  2. IgG anti HSV: Tes IgG menandakan bahwa infeksi telah terjadi dalam kurun waktu beberapa lama (lebih dari 6 bulan) dan penderita telah memiliki kekebalan tubuh t
pengertian herpes simplex (36),makalah herpes simplex (26),makalah herpes (24),artikel herpes (18),pengertian HSV (12),gambar herpes simplex (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: HSV, inveksi HSV, kehamilan, pemeriksaan HSV, tes HSV