Home    

Fungsi Mangrove

Rawa di seluruh dunia memiliki banyak manfaat dan fungsi, baik bagi lingkungan hidup maupun bagi manusia. Penjelasan tentang fungsinya akan diberikan secara lebih rinci dalam bab ini, juga berbagai kegiatan peragaan kepada siswa tentang fungsi dan manfaat yang sebenarnya.

Bagi pulau-pulau kecil yang rawan terhadap badai dan kerusakan yang diakibatkannya, salah satu manfaat terbesar hutan mangrove adalah melindungi pulau-pulau ini dari kerusakan. Rawa mangrove juga memiliki fungsi penyaringan yang membantu membersihkan air yang kita gunakan sehari-hari – bahkan sampah-sampah yang dihasilkan oleh manusia sebagai hasil dari siklus rantai makanan, juga dapat diproses dan disaring oleh rawa mangrove.

Rawa mangrove membentuk suatu habitat dasar dari rantai makanan yang menyediakan kita sumber makanan, bahkan ikan yang kita tangkap memulai hidup mereka dari daerah rawa mangrove. Tumbuhan yang kita makan dapat bertahan hidup karena nutrisi dan mineral yang diberikan oleh tanah lahan basah.

Produk Bermanfaat yang Disediakan oleh Daerah Rawa Sumberdaya Hutan

Hutan mangrove dan rawanya menyediakan kayu bakar dan gelondongan untuk konstruksi rumah, cerucuk, dan untuk membuat keramba ikan. Mangrove jenis Rhizophora sp. sangat berguna untuk membuat dermaga karena tahan lama dalam keadaan basah. Pemanfaatan secara lestari hutan mangrove memungkinkan dilakukan untuk keperluan ini, dan sebuah model untuk ini telah dilakukan di banyak tempat di dunia, di antaranya di Malaysia. Di beberapa tempat, misalnya Eropa Timur, tumbuhan rawa dibudidayakan dan dimanfaatkan sebagai biomasa untuk bahan bakar pembangkit listrik.

Sumber Daya Perairan

Kadang-kadang mangrove ditebang, kolam digali dan aliran air diubah untuk membuat tambak ikan atau udang. Tambak-tambak ini jarang sekali seproduktif ekosistem alami rawa mangrove. Dalam waktu yang cepat, kebanyakan tambak menjadi terlalu asin untuk perikanan dan akhirnya ditinggalkan. Tambak yang demikian hanya produktif di tahun pertama sampai tahun keempat, selanjutnya akan mengalami kerugian sehingga seringkali “terpaksa11 pindah dengan membuka lahan yang baru.

Madu

Lebah yang bersarang di mangrove memproduksi madu dengan kualitas tinggi.

Makanan Ternak

Sapi dan kambing suka memakan tunas mangrove atau tanaman rawa lainnya, misalnya jerujon (Achantus. sp). Petani seringkah menghidupkan api di rawa air asin atau rawa air tawar untuk memacu pertumbuhan tunas rumput. Ini dapat mengganggu ekosistem rawa dan menghambat regenerasi mangrove.

Perikanan

Banyak nelayan yang bergantung hidup pada daerah rawa mangrove yang menyediakan tempat pembiakan dan makanan bagi beragam jenis ikan.

Biasanya ikan bertelur di terumbu karang yang dekat dengan pantai. Arus dan ombak membawa anak ikan ini ke arah daratan dan ke sekitar akar mangrove, tempat mereka menemukan makanan yang berlimpah serta perlindungan dari predator.

Udang berkembang biak dengan cara sebaliknya. Mereka bertelur di sungai. Anak udang kemudian bermigrasi ke laut dan akhirnya kembali lagi ke rawa mangrove untuk bertelur.

Spesies penting lain yang bernilai ekonomis dan bergantung hidup pada lahan basah adalah lobster, keong, dan kerang mutiara. Jika rawa ditimbun, dirusak, atau terkena polusi, maka produksi perikanan akan terganggu.

Sumberdaya lainnya

Pada masa lampau mangrove pemanfaatan mangrove lebih banyak lagi. Kulit pohon mangrove dijadikan sebagai cat lantai. Akar dan daunnya dijadikan sebagai kerajinan tangan. Saat ini bahan sistetis telah menggantikan fungsinya. Meskipun demikian, daun palem masih digunakan untuk membuat keranjang dan atap, khususnya di daerah pedalaman atau daerah pariwisata.

fungsi rawa (101),manfaat rawa bagi kehidupan (78),jelaskan manfaat rawa bagi kehidupan manusia (20),rawa mangrove (14),fungsi mangrove pada daerah rawa (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: air, anak, fungsinya, hutan, makanan, Makanan Ternak, manfaat, mangrove, pantai, Sumber Daya Perairan