Home    

CMV

Infeksi CMV disebabkan karena virus CMV (Cytomegalovirus). Virus ini ikut dalam keluarga besar virus herpes. Keluarga besar virus herpes lainnya antara lain virus varicella/ cacar air, virus herpes sendiri dan virus EBV (Epstein-Barr Virus). Virus CMV dapat menyebar melalui air liur dan urin serta dapat pula menyebar melalui darah, air mata dan cairan tubuh lainnya. Sama seperti virus herpes lainnya, bila pernah terinfeksi CMV, virus ini akan selalu berada dalam orang tersebut.

CMV pada kehamilan

Infeksi CMV dapat berdampak pada kehamilan yaitu kelainan pada bayi yang disebut congenital CMV. Bayi yang lahir dengan congenital CMV hanya kurang lebih 10% saja yang pada saat lahir telah memperlihatkan adanya kelainan. Selebihnya baru muncul kemudian. Kelainan yang dapat muncul antara lain penurunan pendengaran, kebutaan dan kesulitan belajar. Sangat disayangkan bahwa hingga saat ini belum ada vaksinasi yang dapat mencegah infeksi CMV terutama untuk ibu hamil.

Pemeriksaan CMV

Pemeriksaan terhadap infeksi CMV ada dua jenis yaitu:

  1. IgM anti CMV: IgM merupakan tanda adanya infeksi yang masih aktif ataupun yang  baru berlangsung
  2. IgG anti CMV: IgG menandakan adanya infeksi yang telah berlangsung lama dan tubuh telah membentuk kekebalan terhadap virus CMV.

Bila kadarnya belum Nampak atau masih meragukan, kedua tes ini dapat diulang 2-3 minggu kemudian.

Pencegahan CMV pada kehamilan

Tidak seperti rubella yang dapat dicegah melalui vaksinasi, belum ada vaksinasi untuk mencegah CMV. Oleh karena itu satu-satunya cara adalah mengurangi kemungkinan-kemungkinan  tertularnya CMV terutama saat kehamilan. Beberapa hal yang dapat membantu mengurangi  kemungkinan penularan CMV antara lain:

  1. Sering mencuci tangan setelah mengganti popok.
  2. Hindari mencium mulut dan pipi anak balita
  3. Hindari makan dan minum menggunakan alat makan yang sama dengan anak balita. Hal ini disebabkan karena anak balita dapat menularkan CMV tanpa disertai gejala nyata.
pengertian virus cmv (42),Pengertian CMV (40),arti cmv (32),arti cytomegalovirus (32),makalah cmv (30),pengertian cytomegalovirus (24),makalah cytomegalovirus (21),virus CMV pada kehamilan (21),cmv pada kehamilan (19),arti virus cmv (19),definisi cytomegalovirus (18),penularan cmv (15),makalah cmv pada ibu hamil (13),virus cmv pada anak (13),cytomegalovirus pada kehamilan (12)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: CMV, kehamilan, pencegahan CMV, tes CMV