Home    

Cara Menggunakan Teropong

Mata setiap manusia berbeda, oleh karena itu biasanya kita harus mempertimbangkan perbedaan kekuatan mata sewaktu memfokus. Teropong dengan pusat fokus dapat mengatasi masalah ini. Hanya satu lensa yang bisa disesuaikan, lensa ini memiliki skala pada diopter, yakni unit pengukuran optis kekuatan bola mata. Perlu diingat bahwa ukuran setelan lensa seseorang, setelah disetel, bisa dianggap permanen oleh teropong. Skala pembacaan haruslah sering diperhatikan dan diperiksa karena mungkin saja secara tidak sengaja dapat berubah.

Untuk menyetel teropong agar sesuai dengan kekuatan mata kita, pertama-tama tutup satu lensa bagian luar (lensa objektif) dengan tangan atau tutup lensa. Dengan kedua mata lihat melalui teropong tersebut dan gunakan pengatur fokus sentralnya, fokuskan pada suatu objek di kejauhan sampai ia benar-benar tajam dan jelas. Setelah itu pindahkan penutupnya pada lensa obyektif yang lainya. Dengan kedua mata terbuka, setel pengatur lensa sampai objek terlihat fokus dan jelas.

Sekarang teropong siap digunakan. Anda hanya perlu mengatur Central fokusnya untuk melihat objek-objek yang jaraknya berbeda.

Memfokus pada objek yang bergerak atau memfokus dengan cepat pada sesuatu yang akan bergerak atau terbang merupakan tantangan tersendiri. Jika dilatih, lama kelamaan koordinasi mata dan teropong akan lebih baik. Sabar dan selalu berlatih merupakan kuncinya.

Tantangan yang lain adalah menemukan dan memfokuskan objek di langit. Karena langit sangat jauh dan ia tidak memiliki latar belakang untuk menentukan seberapa jauh objeknnya, maka diperlukan banyak latihan untuk memfokus suatu objek di udara.

Banyak teropong yang memiliki pelindung karet yang dapat dilipatkan bagi pengguna yang berkacamata.

cara menggunakan teropong (135),fungsi teropong (71),kegunaan teropong (49),cara penggunaan teropong (42),bagian dan fungsi teropong (41),makalah teropong (37),makalah tentang teropong (26),teropong dan fungsinya (24),bagian-bagian teropong dan fungsinya (21),artikel tentang teropong (20),bagian-bagian teropong (19),bagian teropong (19),bagian bagian teropong dan fungsinya (19),fungsi dan bagian teropong (16),cara memakai teropong (16)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: lensa, mata, pembesar, perbedaan, teropong, zoom