Home    

Alasan Sekolah di Yogyakarta

POSISI KOTA STRATEGIS
Alasan Orangtua Pilih Sekolah di Yogya

YOGYA (KR) – Letak geografis dan prestasi yang selama ini diraih masih menjadi pertimbangan utama orangtua dalam memilih tempat studi bagi anaknya. Buktinya, meski nilai Ujian Nasional (UN) di Kota Yogyakarta tidak menduduki peringkat tertinggi di Provinsi DIY, namun animo orangtua untuk mendaftarkan anaknya sekolah di kota ini masih cukup tinggi. Fenomena tersebut secara tidak langsung menjadi tantangan tersendiri bagi semua kepala daerah di DIY untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. guru di SMA Kolese De Britto, Drs ST Kartono MHum saat ditemui KR di ruang kerjanya, Kamis (10/5).
Menurut ST Kartono, Saat ini masyarakat semakin cerdas dan selektif dalam memilih tempat studi. Karena sampai saat ini masih ada orangtua yang mempertimbangkan tradisi pendidikan daripada sekadar nilai UN yang tinggi. Saya kira kondisi tersebut harus tetap dihargai dan menjadi motivasi bagi daerah untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan pendidikan,” kata pengamat pendidikan sekaligus kualitas dan layanan pendidikan di DIY saat ini sudah merata. Hal itu bisa dilihat dari tingginya nilai UN sejak beberapa tahun terakhir yang tidak hanya didominasi Kota Yogyakarta, tapi juga beberapa daerah lain. Namun, karena lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau serta sejumlah prestasi yang pernah diraih Kota Yogya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Buktinya meski Pemkot sudah melakukan pembatasan kuota bagi aswa luar daerah, animo siswa untuk skolah di kota ini masih cukup tinggi. “Sebetulnya tujuan Pemkot melakukan pembatasan kuota cukup bagus, karena bertujuan memberikan jaminan pendidikan bagi warganya. Namun, dalam realitanya kondisi itu tdak menyurutkan keinginan orang-fcia untuk menyekolahkan anaknya di Kota Yogya. Bahkan agar anaknya bisa mendapatkan kuota besar, di an-tara mereka rela memindahkan anaknya menjadi warga kota,” kata l^artono.
la menilai, pembuktian kualitas pendidikan di suatu daerah tidak bisa cilakukan secara instan, sebaliknya nembutuhkan proses panjang. Semua itu bisa tervrajud jika ada sikap proaktif berbagai pihak terma-suk masyarakat dan kepala daerah.


Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: alasan sekolah, DIY, hal, Kota Yogya, Kota Yogyakarta, Pendidikan, UN