Home    

Pengertian program

Pengertian program menurut saya tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Misalnya pengertian program menurut Binanto (2009:1), kata program dan pemrograman dapat diartikan sebagai berikut:

  • Mendeskripsikan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer.
  • Mendeskripsikan suatu keseluruhan bagian dari software yang executable.

Jadi pengertian program adalah himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programmer atau suatu bagian executable dari suatu software. Orang yang membuat program sering disebut sebagai pemrograman atau programmer.

Aktivitas membuat program disebut sebagai pemrograman. Jadi pemrograman merupakan suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu. Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa tersendiri. Sebagaimana bahasa manusia, bahasa pemrograman memiliki kaidah tertentu yang dapat dimengerti oleh komputer.

Meskipun sama-sama dalam konteks komputer, ada juga pendapat lain mengenai pengertian pemrograman. Menurut Yulikuspartono (2009:29), “program merupakan sederetan instruksi atau statement dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer yang bersangkutan”, serta kata pemrograman menurut Sugiyono (2005:21) adalah “suatu rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logis dan sistematis”. Susunan ini sendiri perlu sistematika tertentu dalam sebuah program komputer. Karena program berjalan secara otomatis, sehingga kita tentu tidak ingin terjadinya error ketika program tersebut dijalankan.

Sehingga ketika kita mengerti mengenai pengertian program, kita juga perlu mengetahui bahwa sebelum program diterapkan secara umum, program harus bebas terlebih dahulu dari kesalahan-kesalahan yang bisa mengakibatkan error. Dalam hal ini, program harus diuji untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin dapat terjadi. Kesalahan dari program yang mungkin terjadi dapat diklasifikasikan dalam beberapa hal. Jadi secara ringkas ada beberapa macam error yang dapat kita hindari.

  • Kesalahan Bahasa (Language Errors). Yakni error atau kesalahan di dalam penulisan source program yang tidak sesuai dengan yang telah disyaratkan.
  • Kesalahan dalam Proses (Run Time Errors). Yakni error atau kesalahan yang terjadi pada saat eksekusi program dijalankan.
  • Kesalahan Logika (Logical Errors). Yakni error atau kesalahan dari logika program yang dibuat.

Harapannya selain tahu mengenai pengertian program, kita juga bisa menguasai pembuatan program atau programing itu sendiri untuk hal yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

pengertian program (2829),definisi program (693),pengertian pemrograman (545),program adalah (304),arti program (298),pengertian program menurut para ahli (265),pengertian pemograman (113),pengertian programing (81),pengertian programer (80),definisi program menurut para ahli (76),pengertian programming (73),pengertian program komputer (63),pengertian program menurut (59),defenisi program (49),pengertian program secara umum (49)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: definisi program, macam error, membuat program, pengertian pemrograman, pengertian program, program, program error, programmer, programming, script program