Home    

Pengertian Pendidikan

Pengertian pendidikan menjadi penting manakala kita tidak dapat memungkiri bahwa dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awam dan kaku menjadi lebih modern. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Hanya saja, seiring dengan kemajuan pendidikan, terkadang konsep atau pengertian pendidikan tersebut mungkin menjadi bias atau kabur.

Menyikapi hal tersebut pakar-pakar pendidikan mengkritisi dengan cara mengungkapkan konsep dan teori pendidikan yang sebenarnya untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya. Oleh karenanya kita bisa menengok dari pengertian pendidikan menurut para ahli.

Namun begitu, ada pula yang mencoba untuk menilik pengertian pendidikan yang dihubung-hubungkan dengan bahasa Yunani. Menurut pendapat tersebut, pendidikan berasal dari bahasa Yunani “Pedagogi” yaitu kata paid artinya anak sedangkan agogos yang artinya membimbing. Na dari sini diperoleh arti pedagogi sebagai imu atau seni mengajar anak.

Namun begitu terlepas darimana kata serapan pendidikan tesebut berasal, Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan pengertian pendidikan sebagai proses, cara, atau perbuatan mendidik. Mendidik artinya memelihara dan memberi latihan.

Menurut Wikipedia, pengertian Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Salah satu sumber yang cukup paten untuk mengetahui pengertian pendidikan adalah undang-undang. Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Pengertian Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Dari pernyataan diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa pengertian pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya supaya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosional, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Sehingga pengertian pendidikan mungkin bisa mencakup berbagai hal yang berkenaan dengan proses pengajaran.

 

makalah pengertian pendidikan (127),pengertian pendidikan (72),artikel konseptual pendidikan (54),artikel konseptual (52),pengertian pendidikan nasional (49),kumpulan artikel konseptual (47),makalah tentang pengertian pendidikan (28),artikel konseptual tentang pendidikan (21),kumpulan artikel pendidikan (12),definisi pendidikan (12),kesimpulan artikel pendidikan (10),artikel tujuan pendidikan menurut para ahli (10),pengertian sistem pendidikan nasional menurut para ahli (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: arti pendidikan, asal kata, definisi pendidikan, didik, filosofi pendidikan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, mendidik, para ahli, Pendidikan, pengertian pendidikan, plato, yunani