Home    

Pengertian pemerintah

Pengertian pemerintah dan pemerintahan mempunyai pengertian yang sedikit berbeda. Pengertian pemerintah merujuk kepada sosoknya, sedangkan pemerintahan menunjukkan bidang tugas.

pengertian pemerintah

pengertian pemerintah

Pengertian pemerintah dalam arti sempit adalah lembaga eksekutif saja. Dan pemerintahan sebagai segala kegiatan, fungsi, tugas dan kewajiban yang dijalankan oleh lembaga eksekutif untuk mencapai tujuan negara.

Sedangkan dalam arti luas, pengertian pemerintah mencakup  aparatur negara yang meliputi semua organ-organ, badan-badan atau lembaga-lembaga, alat perlengkapan negara yang melaksanakan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan negara. Dalam arti luas, pengertian pemerintahan adalah segala kegiatan yang terorganisir yang bersumber pada kedaulatan dan kemerdekaan, berlandaskan pada dasar negara, rakyat atau penduduk dan wilayah negara itu demi tercapainya tujuan negara.

Dengan demikian kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian pemerintah dalam arti luas adalah semua lembaga negara yang terdiri dari lembaga-lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif. Di samping itu dari segi struktural fungsional pemerintahan dapat didefinisikan pula sebagai suatu sistem struktur dan organisasi dari berbagai macam fungsi yang dilaksanakan atas dasar-dasar tertentu untuk mewujudkan tujuan negara. (Haryanto dkk, 1997 : 2-3).

Kita bisa menyimpulkan disimpulkan bahwa pemerintah dan pemerintahan dibentuk berkaitan dengan pelaksanaan berbagai fungsi yang bersifat operasional dalam rangka pencapaian tujuan negara yang lebih abstrak, dan biasanya  ditetapkan secara konstitusional.

Berbagai fungsi pemerintah tersebut dilihat dan dilaksanakan secara berbeda oleh sistem sosial yang berbeda, terutama secara ideologis.

Hal inilah yang mungkin mewujud dalam sistem pemerintahan yang berbeda, dan lebih konkrit terwakili oleh dua kutub ekstrim masing-masing rezim totaliter (sosialis) dan rezim demokratis. Substansi perbedaan keduanya terletak pada perspektif pembagian kekuasaan negara atau pemerintah. Kesimpulannya barangkali adalah bahwa pengertian pemerintah sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu sebelum beranjak ke sesuatu yang lebih mendalam.

Pengertian pemerintah (1227),pengertian pemerintahan (512),pengertian pemerintah dalam arti sempit (375),arti pemerintah (338),pemerintah dalam arti sempit (308),pengertian pemerintah dalam arti luas dan sempit (284),definisi pemerintah (278),pemerintahan dalam arti sempit (237),arti pemerintahan (224),pengertian pemerintahan dalam arti luas dan sempit (207),definisi pemerintahan (205),pengertian pemerintah dan pemerintahan (188),pengertian pemerintah dalam arti sempit dan luas (169),pengertian pemerintah dalam arti luas (130),pemerintahan dalam arti luas dan sempit (127)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: arti pemerintah, definisi pemerintah, fungsi pemerintah, pemerintah, pemerintahan, pengertian pemerintah, pengertian pemerintahan, siapa pemerintah, sistem pemerintahan