Home    

Pengertian monitor

Pengertian monitor dalam dunia komputer adalah hardware komputer yang digunakan menampilkan tampilan video/grafis. Saat ini terdapat berbagai macam jenis monitor ditinjau dari teknologinya, terdapat dua macam. Yakni monitor tabung dan monitor flat. Monitor tabung adalah monitor yang menggunakan teknologi CRT. Singkatan CRT berasal dari kata cathode ray tube. Namun di pasaran lebih sering disebut sebagai monitor tabung.

Jenis monitor kedua yang umum adalah jenis monitor flat. Ada beberapa macam teknologi monitor yang termasuk sebagai teknologi monitor flat atau teknologi layar datar. Monitor LED, monitor plasma, dan monitor LCD adalah contohnya. Secara umum, monitor layar datar atau monitor flat dapat kita kenali secara langsung dengan tidak adanya tabung di belakang monitor. Perbedaan monitor tabung (CRT) dengan monitor layar datar adalah disitu.

Tiap jenis monitor tersebut punya kelebihan dan kekurangan. Semakin bagus kualitas monitor (baik dari tipe flat atau CRT) maka harganya a kan semakin mahal. Semakin mahal harganya, tentu kualitasnya akan semakin bagus juga.

Jadi jika disimpulkan, berikut ini beberapa perbedaan mengenai monitor CRT dan flat:

Perbedaan monitor tabung dan flat

  1. Keunggulan monitor flat adalah ringan, dan tidak makan tempat banyak di meja Anda. Dengan demikian meja kerja terlihat lebih luas dan cocok untuk mereka yang meja kerjanya sempit.
  2. Monitor CRT berat dan sulit untuk dipindahkan, selain itu makan tempat dan membuat meja kerja Anda terlihat sempit.
  3. Monitor flat lebih hemat listrik sehingga jika biaya menjadi pertimbangan, secara jangka panjang, monitor flat lebih menghemat biaya Anda.

Peruntukan atau tujuan utama penggunaan biasanya menjadi hal yang menentukan apakah seseorang memilih monitor flat atau CRT. Misalnya untuk keperluan perkantoran, pembuatan dokumen dan browsing, monitor 15 inci sudah lebih dari cukup.

Jika ingin yang kelas menengah dan cocok digunakan untuk keperluan kantoran ataupun game, maka monitor 17 juga layak. Jika memang ingin tampilan layar yang lebih lebar, boleh juga memakai 19 inci. Layar monitor 21 inci ke atas, cocoknya untuk kelas high end.

Karena itu, untuk komputer kelas menengah , biasanya yang dipilih adalah ukuran 17 atau 19 inci. Tentu, maka semakin besar ukuran layar akan semakin bagus. Konsekuensinya, semakin besar area layar, semakin mahal pula harganya.

Jika monitor tersebut adalah monitor jenis CRT, maka semakin lebar akan semakin mahal dan berat. Ini biasanya akan sangat mengganggu peletakan di meja kerja. Selain berat, proporsi beratnyajuga tidak merata, karena pusat berat dari monitor CRT ada di bagian depan.

Tampilan sebuah monitor sangat tergantung pada kartu video dari sebuah komputer karena kartu video, maka dari itu, kesesuaian memilih monitor untuk menampilkan gambar juga tergantung dari kartu video pada komputer tersebut. Namun begitu, saya harap penjelasan pengertian monitor diatas dapat anda mengerti.

penjelasan monitor (308),pengertian monitor (295),artikel monitor (127),artikel tentang monitor (111),penjelasan tentang monitor (97),keterangan monitor (60),pengertian monitor led (52),monitor dan penjelasannya (40),artikel tentang monitor komputer (30),keterangan monitor komputer (24),gambar monitor dan penjelasannya (19),Penjelasan dari monitor (15),makalah monitor (15),pengertian monitor tabung (11),keterangan monitor CRT (11)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: jenis monitor, layar datar, LCD, monitor, monitor CRT, monitor datar, monitor tabung, pengertian monitor, pengertian monitro, plasma