Home    

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer adalah sebuah rangkaian dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain. Komputer-komputer ini akan terhubung dengan sebuah sistem komunikasi. Salah satu fungsi jaringan komputer adalah memungkinkan setiap komputer yang ada di dalamnya dapat saling tukar-menukar data, program,dan sumber daya komputer lainnya seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain.

Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim email, mengirim file data (upload) dan mengambil file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi pada lokasi yang terpisah.

Fungsi jaringan komputer yang paling utama adalah sharing resource atau sumber daya, dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama.

Perkembangan jaringak komputer juga semakin pesat dengan hadirnya berbagai perangkat teknologi komunikasi. Banyak diantaranya mengintegrasikan perangkat komputer seperti mikroprosesor, memori, display, storage, dan teknologi komunikasi ke dalamnya. Hal ini mungkin tidak terbayangkan pada jaman dulu, barangkali karena komputer yang dapat kita temui saat ini sudah ikut digunakan pada teknologi jaringan komputer.

Arsitektur jaringan komputer memiliki karakteristik tersendiri. Karakteristik jaringan komputer tersebut antara lain sebagai berikut;

  1. Jaringan komputer minimal dua buah komputer
  2. Terdapat Kartu jaringan (network interface card / NIC) pada setiap komputer
  3. Terdapat konektor atau media koneksi yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya. Konektor ini biasa disebut sebagai medium transmisi data. Ini bisa berupa kabel maupun wireless (tanpa kabel).
  4. Terdapat software atau perangkat lunak sistem operasi jaringan, misalnya: Microsoft Windows 2000 server, Microsoft Windows NT, Novell Netware, Linux, dan sebagainya.
  5. Terdapat peralatan interkoneksi seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya.

Jadi pengertian jaringan komputer saya harap sudah anda pahami dari ulasan di atas.

pengertian jaringan komputer (869),artikel jaringan komputer (712),artikel tentang jaringan komputer (192),makalah jaringan komputer (123),kumpulan artikel komputer (99),materi jaringan komputer (99),definisi jaringan komputer (68),makalah tentang jaringan komputer (58),artikel komputer jaringan (50),definisi jaringan (32),pengertian jaringan (30),pengertian konektor (26),arti jaringan komputer (26),kumpulan artikel jaringan komputer (23),kumpulan artikel tentang komputer (20)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: fungsi jaringan komputer, jaringan, jaringan komputer, jenis jaringan komputer, komputer, komputer network, LAN, macam jaringan komputer, MAN, pengertian jaringan komputer, TCP/IP, tipologi jaringan komputer, WAN