Home    

Pengertian Email

Pengertian email dapat ditinjau dari kepanjangan email itu sendiri. Email atau e-mail adalah singkatan dari elektronik mail. Dalam bahasa indonesia, ini disebut sebagai surat elektronik. Entah iseng atau tidak, kadang ada yang menyebutnya sebagai surel (surat elektronik) atau ratel (surat elektronik) atau pos-el (pos elektronik). Namun saya pribadi lebih suka menyebut email saja. Di sini kita bisa mengetahui bahwa pengertian email adalah sistem kirim mengirim surat melalui jaringan komputer.

Perbedaan email dengan surat biasa

Jika pada surat biasa kita memerlukan kertas sebagai media menulis surat, maka perbedaan email dengan surat biasa adalah email tidak memerlukan kertas. Selain itu pada surat biasa umumnya pengirim perlu membayar biaya pengiriman (perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet, dan listrik tentu saja.

Kelebihan email

Kelebihan email dibandingkan dengan surat biasa dapat dirangkum dalam beberapa hal sebagai berikut;

1. Nyaman

Untuk mengirim email, kita tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti HP. Jadi kelebihan email yang pertama adalah nyaman.

2. Cepat

Kelebihan email yang kedua adalah penyampaiannya yang sangat cepat. Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.

3. Murah

Biaya pengiriman email relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.

4. Hemat sumber daya

Pengiriman email lebih hemat sumber daya karena kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya. Dengan demikian, kelebihan email lanjutannya adalah minimnya sampah yang ditimbulkan.

5. Global

E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Tentu dengan catatan pengguna email tersebut terhubung dengan internet.

6. Hemat tempat

Kita bisa menyimpan e-mail di server yang terletak tempat lain. Sehingga untuk menyimpan email, kita tidak memerlukan ruangan yang cukup banyak. Sehingga menjadi ringkas.

7. Pesan suara dan video

Pesan yang dikirim melalui email tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara. Ini merupakan kelebihan email yang tidak dimiliki oleh surat biasa.

Kelemahan Email

Meskipun memiliki banyak kelebihan, email juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan dari email tersebut adalah sebagai berikut;

1. Salah kirim

Alamat penerima email harus ditulis dengan akurat. Jika keliru satu huruf saja, email bisa tidak sampai atau lebih parah lagi; salah kirim. Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.

2. Rawan penyadapan

Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia. Namun, ini bisa diminimalisir dengan tidak sembarangan dalam mengakses email kita. Langkah hati-hati ini misalnya ditempuh dengan ‘hanya’ menggunakan komputer pribadi untuk mengakses email.

3. Pemalsuan identitas

Kita agak sulit untuk memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya. Maka kita perlu berhati-hati dalam melakukan tindakan setelah membaca email dari alamat yang tidak kita ketahui.

4. Kebanjiran e-mail sampah

Karena mengirim email hampir tidak memerlukan biaya, sehingga semua orang bisa mengirimkan email bahkan email yang tidak berarti sekalipun.

5. Lambatnya Respon

Kelemahan email bagi beberapa orang adalah bahwa tidak semua orang membaca e-mail setiap hari. Sehingga ada kemungkinan email terlambat dibalas. Namun dengan penetrasi teknologi yang semakin hari semakin luas, kini orang lebih sadar email dibandingkan puluhan tahun yang lalu. Nah dari berbagai informasi diatas, saya berharap, anda lebih paham mengenai pengertian email.

artikel email (574),artikel tentang email (545),pengertian email (355),artikel tentang e-mail (127),artikel e-mail (117),makalah tentang email (86),Pengertian E-mail (83),artikel pengertian email (58),pengertian email menurut para ahli (57),kelebihan dan kekurangan email (42),makalah email (32),penjelasan email (30),kelemahan email (29),penjelasan tentang email (27),artikel mengenai email (25)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: cara membuat email, definsi email, e-mail, email, email gratis, email yahoo, gmail, kelebihan email, kelemahan email, mail, membuat email, pengertian, pengertian email