Home    

Pengertian www

Pengertian www adalah salah satu dasar utama dalam mengetahui maksud atau arti www. Sebuah www merupakan istilah yang berasal dari bahasa inggris. www sendiri merupakan singkatan dari kata ‘world wide web’ yang jika di terjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi  ‘jaringan dunia raya’. Mengapa disebut sebagai jaringan dunia raya? Barangkali karena www adalah bagian sistem terbesar yang menghubungkan semua komputer yang ada di dunia ini.

Sebagian artikel yang saya temui di internet menyebutkan bahwa www merupakan kepanjangan dari ‘waring wera wanua’. Namun jujur saja, saya lebih menyukai kepanjangan www sebagai world wide web daripada waring wera wanua. Entah bahasa apa itu. Saya sendiri tidak paham mengapa ada orang yang ‘tega’ memberikan kepanjang www sebagai kata tersebut.  :(

Pengertian Web sendiri jika mengacu pada terjemahan bahasa inggris adalah jaringan. Namun begitu, ada pula yang menerangkan bahwa web adalah sekumpulan “halaman” informasi yang terhubung satu sama lain di seluruh dunia. Ini menarik, karena web sendiri didefinisikan sebagai hal tersebut dalam konteks komputer. Nah, halaman yang dimaksud tadi bisa merupakan pembentukan dari kombinasi teks, gambar, klip audio, klip video, animasi, dan hal-hal lain. Nah untuk menjelajah sebuah web, kita memerlukan sebuah software atau perangkat lunak yang disebut browser.

Mengetahui pengertian www tampaknya tidak lengkap jika tidak mengetahui sejarah www atau kapan www ditemukan. Penemu www menurut sumber yang belum saya konfirmasi adalah Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

Menariknya di sini adalah bahwa sumber yang sama menyebutkan bahwa WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN.

Tanpa melihat subjek dari penemu www, barangkali kita akan menduga bahwa artikel tersebut rancu dan bertentangan, namun ketika membaca lebih lanjut, ternyata cukup konvergen.

Lebih jauh lagi, sejarah www mengingatkan saya pribadi akan film Social Network yang memiliki cerita yang serupa. Dan jika kembali lagi ke soal penemuan www, kita akan mengetahui akan bagaimana www ditemukan. Dan secara tidak langsung,  siapa penemu www juga sudah kita ketahui. Sehingga dari sini diharapkan kita tidak akan bingung lagi mengenai pengertian www itu sendiri.

kepanjang WWW (46),pengertian www (42),www pengertian artikel (22),makalah tentang world wide web (20),pengertian www menurut para ahli (17),artikel tentang world wide web (16),kepanjangn www (16),pengertian world wide web menurut para ahli (10)

Kode Copy Paste
Gunakan kode diatas untuk copy paste artikel ini di blog anda

Tags: penemu www, pengertian web, pengertian www, sejarah www, www